Waspada, Ini Tanda Anak Mulai Kecanduan Gadget

Ilustrasi anak bermain ponsel.
Sumber :
  • Pixabay
VIVA.co.id
Agar Hari Pertama Anak Masuk TK Berjalan Lancar
- Kemajuan teknologi seharusnya menjadi hal yang disyukuri, karena banyak hal yang menjadi lebih mudah dengan adanya gadget. Berkomunikasi tidak lagi repot dengan harus mencari telepon umum, atau mengirim pesan tidak lagi perlu menulis surat.

Cara Nadia Mulya Disiplinkan Anak
Banyak hal yang bisa dilakukan hanya dengan satu gadget. Mulai dari transaksi perbankan yang bisa dilakukan secara online, hingga permainan online juga bisa diunduh dalam satu kali klik.

Menjelaskan Kematian pada Anak Usia Dini
Terima kasih pada penemu teknologi tersebut, yang mungkin berniat baik untuk memberi banyak kemudahan bagi para penggunanya. Jika saja teknologi tersebut digunakan dengan bijak.

Yang terjadi saat ini adalah, orangtua memberikan gadget pada anak terkadang agar membuat anak itu diam, tidak mengganggu aktivitas orang tua. Sehingga tidak hanya orang tua yang kecanduan pada gadget, namun juga anak mereka.

Tingkah laku seperti ini bisa terlihat jelas, saat mengunjungi tempat umum. Baik di restoran, kafe, atau tempat lainnya. Meski tengah bersama keluarga, mereka sibuk dengan menyentuh layar ponsel mereka masing-masing.

Padahal hal ini berakibat buruk pada anak. Mulai dari potensi obesitas, ketidakpedulian, hingga agresivitas anak. Sebelum hal itu terjadi, sebaiknya mulai hentikan kebiasaan Screen Time, tidak hanya pada anak, namun juga orang tua.

"Anak-anak yang mulai kecanduan pada gadget biasanya ditandai dengan kalau diminta berhenti bermain gadget, anak menjadi marah, kemudian saat dipanggil namanya, anak tidak merespons, dan yang ketiga adalah nilai akademis ketika anak sudah bersekolah akan menurun karena adiksi pada gadget," ucap Elizabeth Santosa, Psikolog anak, di Rumah Kerinci, Jakarta Selatan, 16 Februari 2016

Menghentikan kebiasaan Screen Time bisa dilakukan dengan daripada sibuk sendiri saat berada di mobil, coba lakukan bernyanyi bersama dengan anak-anak, orangtua tidak menggunakan gadget mereka di waktu makan, dan masih banyak cara lain yang bisa dicoba.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya