Ragam Manfaat Jahe untuk Kesehatan

Ilustrasi Jahe
Sumber :
  • Pixabay
VIVA.co.id
Cara Efektif untuk Mengurangi Nyeri Sendi
- Secangkir teh hangat di cuaca yang dingin akan melindungi tubuh dari flu dan demam. Namun, masih banyak manfaat kesehatan jahe yang luar biasa.

Enam Rempah dengan Khasiat Kesehatan Luar Biasa
Mengonsumsi rempah yang biasa dijadikan bumbu masak satu ini akan mengurangi berbagai risiko penyakit dan menjaga tubuh tetap sehat.

Empat Keadaan yang Ubah Jahe Jadi Berbahaya
Berikut ini adalah sejumlah manfaatnya, seperti dilansir dari Food World News.

Mengurangi mabuk perjalanan

Jahe sangat efektif mengurangi gejala-gejala mabuk perjalanan, terutama mabuk laut. Jahe akan mengurangi rasa sakit kepala, mual dan keringat dingin saat mabuk perjalanan.

Meredakan morning sickness

Mual di pagi hari yang umum dialami oleh ibu hamil juga dapat diatasi dengan mengonsumsi jahe. Anda bisa menambahkan jahe kedalam secangkir teh, atau membuat minuman air jahe.

Tak hanya itu, Anda juga bisa menambahkan jahe pada hampir setiap masakan, mulai dari kentang panggang, sayuran rebus, ikan bakar dan sup.

Karena beberapa obat-obatan anti mual dan muntah dapat menyebabkan efek negatif pada kelahiran, Anda bisa memilih jahe sebagai pilihan yanng aman. Jahe juga sangat efektif meredakan hyperemesis gravidarum, bentuk morning sickness yang sudah mencapai tingkat yang paling parah.

Mengurangi rasa sakit

Jahe mengandung senyawa bernama gingerol yang memiliki banyak manfaat. Senyawa ini memiliki sifat anti inflamasi yang sangat kuat, sehingga dapat mengurangi rasa sakit pada mereka yang menderita osteoarthritis atau rheumatoid arthritis.

Melawan kanker

Banyak peneliti yang mengatakan bahwa gingerol mampu menghambat pertumbuhan sel kanker kolorektal. Senyawa ini juga sangat efektif membunuh sel-sel kanker ovarium. Dr rebecca Lui dari University of Michigan mengatakan bawa gingerol mampu membunuh sel kanker ovarium dengan cara memprogram kematian sel dan mencernanya secara otomatis.

Selain itu, ekstrak jahe juga mengandung antioksidan, zat anti inflmasi dan anti tumor yang bermanfaat bagi sel-sel tubuh. Dengan demikian, mengonsumsi jahe secara rutin sangat membantu mengurangi risiko kanker.

Mengurangi nyeri karena haid

Nyeri saat menstruasi sering membuat wanita merasa menderita dan tak bisa melakukan aktivitas sehari-hari seperti biasa. Sejumlah studi yang pernah dilakukan mengungkap jahe mampu mengurangi rasa nyeri akibat haid. Efeknya bahkan jauh lebih efektif daripada obat. 

Manfaat lain

Jahe masih memiliki deretan manfaat lainnya, mulai dari menyehatkan sistem pencernaan, menurunkan kadar gula darah, meningkatkan kesehatan jantung, melawan infeksi, meningkatkan fungsi otak hingga menurunkan kadar kolesterol tubuh. (ren)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya