Psikolog: Anak Cenderung Meniru Orangtua

Anak aktif
Sumber :
  • Pixabay
VIVA.co.id
Cara Shahnaz Haque Pilih Pendidikan untuk Anak
- Orangtua mempunyai banyak aturan kepada anak seperti meminta anak makan sayur, belajar berbagi, mandi setelah bangun tidur, merapikan tempat tidur, dan tidak boleh berteriak saat marah. Namun, apa yang sudah dilakukan orangtua untuk anak agar mau melakukan seperti apa yang diminta?

Di Perut Bayi 15 Bulan Ini Ada Janin 3,6 Kg
Meminta dengan baik, bahkan membentak saja tidak cukup. Justru dengan memberi contoh langsung kepada anak, semua kebiasaan-kebiasaan baik, maka anak akan lebih mudah untuk mencontoh, sekaligus langsung mempraktikkannya.

Agar Hari Pertama Anak Masuk TK Berjalan Lancar
Hal ini seperti disampaikan psikolog Roslina Verauli, dalam acara Peluncuran Kampanye Grow Them Great Bebelac, di Kembang Goela, Jakarta Pusat, 25 Februari  2016.

"Dari riset kecil yang saya lakukan, orangtua adalah contoh, anak akan cenderung meniru orangtua." 

Psikolog cantik ini menjelaskan bahwa anak menganggap orangtua sebagai figur dewasa yang diidolakan, dianggap lebih kompeten, dan memiliki power.

Oleh karena itu, sebelum meminta anak melakukan ini itu, sebaiknya orangtua memberikan contoh terlebih dahulu pada anak. 

"Jangan meminta anak makan sayur, kalau orangtua sendiri tidak suka makan sayur, atau jangan meminta anak mandi setelah bangun tidur, tapi ibu sendiri masih nonton televisi setelah bangun tidur," paparnya.

Menyadari pentingnya peran orangtua terhadap perilaku anak, yang akan berpengaruh di masa depan, maka dibuatlah kampanye Grow Them Great

Dimana video yang diunggah untuk kampanye ini bahkan menerima tanggapan positif banyak Ibu, dan seolah membuka mata banyak Ibu bahwa anak juga memperhatikan tingkah laku Ibu, dan mencontohnya. 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya