Sekolah Cikal, Komunitas Pembelajaran Seumur Hidup

Sekolah Cikal
Sumber :
  • facebook.com/Sekolah-Cikal

VIVA.co.id - Sekolah seharusnya lebih dari sekadar sekolah dalam pemahaman terbatas di masa lalu, yaitu tempat murid meingkatkan kemampuan akademik. Hal itulah yang diyakini komunitas satu ini.

Playground of Parahyangan, Gelaran Seni Sekolah Cikal
 
Didirikan pada 1999, Komunitas Sekolah Cikal merupakan komunitas pembelajaran seumur hidup bagi orangtua, murid, tim pekerja, dan sekaligus kesempatan berbagi dengan masyarakat di luar sekolah.
Badan Geologi: Potensi Tsunami Akibat Gunung Ruang Bisa Setinggi 25 Meter
 
Sudah menjadi kegiatan tahunan Sekolah Cikal mengadakan pameran dan pertunjukkan seni. Setelah Playground of Andallas (2009), Playground of Molucas (2010), Playground of Celebes (2011), Playground of Ujung Kulon (2012), Playground of Borneo (2014) dan Playground of Papua (2015), tahun ini Sekolah Cikal mengangkat tema Playground of Parahyangan.
Bahlil Bocorkan Isi Pembicaraan Jokowi dan Tony Blair: Energi Baru hingga IKN
 
Menurut rilis yang diterima VIVA.co.id, Kamis, 25 Februari 2016, Parahyangan dipilih sebagai tema tahun ini karena Jawa Barat menyimpan banyak cerita budaya yang bernilai tinggi, serta kekayaan alam yang perlu dilestarikan.
 
Rangkaian kegiatan meliputi Art Exhibition (Pameran Karya Anak), Auction for Donation (Lelang Karya Anak untuk Donasi), dan School Production (Pertunjukkan Kesenian Murid Sekolah Cikal).
 
Untuk pameran, lelang karya anak dan pertunjukan kesenian Playground of Parahyangan ini, donasi akan diberikan pada SDN 01 Cisarua, Tegalwaru, Purwakarta, Jawa Barat.
 
Itu karena adanya beberapa masalah yang teridentifikasi, seperti keterampilan berpikir murid yang belum dikembangkan, kesiapan belajar anak yang tidak sesuai usia, contohnya murid kelas tiga yang belum bisa membaca, serta kemampuan akademik yang masih rendah sehingga tidak sesuai ekspektasi kurikulum nasional.
 
"Kami tertarik memilih SDN 01 ini karena semangat belajar dari guru-guru tetapi hampir tidak pernah mendapatkan kegiatan pengayaan. Karena itu, sumbangan yang kami berikan bukan hanya berupa barang atau materi, namun Kampus Guru Cikal akan memberikan beberapa pelatihan yaitu, Strategi Mengajar Numeral dan Literasi dan Penyuluhan Pendidikan Seksual dan Perilaku," demikian menurut rilis tersebut.
 
Art Exhibition Playground of Parahyangan dilaksanakan pada 25-28 Februari 2016 di Main Atrium Street Gallery, Pondok Indah Mall, Jakarta Selatan. Akan ada puluhan karya anak Sekolah Cikal yang berasal dari kelas Pre-Kindie (usia 3 tahun) sampai dengan Primary (usia 12 tahun) yang tergabung dalam klub seni Sekolah Cikal yaitu klub melukis, komputer grafis, dan fotografi.
 
Seluruh karya dibuat dengan mengangkat elemen desain dari daerah Parahyangan dan akan dilelang secara terbuka bagi umum.
 
Sementara itu, School Production yang merupakan serangkaian pertunjukan seni murid Sekolah Cikal mulai dari usia 2-12 tahun akan berlangsung di Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki, Jalan Raden Saleh, Cikini, Jakarta Pusat.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya