Penguin Berenang 8.000 Km Demi Bertemu Penyelamatnya

Joao Pereira de Souza dan penguin yang diselamatkannya, Dindim.
Sumber :
  • TV Globo

VIVA.co.id - Kisah antara manusia dan binatang dari sebuah pantai di Brasil ini sangat mengharukan, di mana seekor penguin jenis Magellanic di Amerika Selatan berenang sejauh 5.000 mil atau 8.047 km setiap tahunnya untuk bisa bertemu dengan orang yang menyelamatkan hidupnya.

Penyelamat itu adalah seorang nelayan bernama Joao Pereira de Souza. Kisahnya bermula ketika pria berusia 71 tahun yang tinggal di sebuah desa, di Rio de Janeiro, Brasil, menemukan penguin kecil dalam minyak dengan kondisi sekarat, berbaring di pantai setempat pada 2011.

Joao yang melihat itu menyelamatkannya dan membersihkan minyak dari bulu penguin dan memberinya makan ikan. Dia menamai penguin kecil itu Dindim.

Setelah dirawat selama sepekan, Joao mencoba melepaskan penguin tersebut kembali ke laut. Tapi, Dindim memilih tinggal bersamanya.

"Dia tinggal bersama saya selama 11 bulan dan setelah bulu barunya tumbuh, dia menghilang," kenang Joao kepada Globo TV, seperti dilansir dari Metro.

Namun, beberapa bulan setelah itu, Dindim kembali. Dia menemui nelayan itu di pantai dan mengikutinya hingga ke rumah. Selama lima tahun terakhir, Dindim telah menghabiskan delapan bulan dalam setahun untuk bersama Joao. Sisanya, Dindim menghabiskan waktu di lepas pantai Argentina dan Chile.

"Saya menyayangi penguin seperti anak saya sendiri dan saya percaya bahwa penguin juga menyayangi saya," kata Joao.

Dia mengatakan, tidak ada orang lain yang diizinkan menyentuhnya. Bahkan, Dindim mematuk mereka jika mencoba melakukannya.

"Semua orang mengatakan dia tidak akan kembali tetapi dia telah datang kembali untuk mengunjungi saya. Dia datang pada bulan Juni dan pulang pada Februari. Setiap tahun dia menjadi lebih mesra dan bahagia ketika bertemu saya," tuturnya.

Dua Nenek Ini Sudah Bersahabat Selama 70 Tahun
Penguin Bar di Tokyo, Jepang

Di Sini, Anda Bisa Bersantap Sambil Menonton Penguin

Penciptanya meyakini tempat ini membantu mengurangi stres.

img_title
VIVA.co.id
13 April 2016