Kentang Goreng Sebabkan Kanker?

Kentang goreng.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id - Belum lama ini Food and drug Administration (FDA) Amerika Serikat mengeluarkan peringatan mengenai cara memasak kentang goreng. Hal tersebut dilakukan untuk mengurangi risiko kanker akibat potensi bahan kimia berbahaya yang terbentuk ketika kentang goreng dimasak.

Sambut Hari Kasih Sayang, Diluncurkan Kentang Goreng Cokelat
Dilansir dari Food World News, akrilamida adalah bahan kimia di dalam kentang yang akan dilepaskan ketika kentang dimasak dalam suhu tinggi.
 
RESEP: Rahasia Kentang Goreng Super Renyah
Ditemukan pada tahun 2002 silam, akrilamida lantas dievaluasi oleh para peneliti di laboratorium hewan. Hasil menunjukkan dosis tinggi akrilamida mampu menyebabkan kanker pada hewan.
 
Restoran Cepat Saji Ini Luncurkan Menu Kentang Goreng Mewah
Tak hanya kentang, bahan kimia satu ini sebenarnya juga terkandung di dalam makanan yang dimasak dengan cara dipanggang, dibakar dan digoreng. Beberapa makanan yang dapat mengekspose akrilamida adalah sereal, makanan berbasis gandum dan roti panggang.
 
Studi lainnya menemukan adanya akrilamida dalam plastik dan rokok.
 
Dalam laporan milik FDA, akrilamida menjadi salah satu isu kesehatan penting karena selalu hadir di dalam makanan. Zat kimia tersebut kini diantisipasi sebagai karsinogen manusia dan kemungkinan tidak mudah dihilangkan dari asupan makanan sehari-hari Anda.
 
Akrilamida juga dapat terkandung di dalam produk makanan kemasan, termasuk sup dan kacang-kacangan.
 
Karena makanan diproses dengan suhu tinggi, akrilamida tidak akan terbentuk jika makanan dimasak dengan suhu yang lebih rendah.
 
Makanan dan minuman dari tanaman seperti kopi, kentang dan gandum memiliki kandungan akrilamida yang lebih tinggi dibandingkan ikan, daging dan produk olahan susu.
 
Untuk itu, Anda disarankan untuk lebih sering memasak dengan cara mengukus dan merebus, karena dua metode memasak tadi merupakan metode yang paling ideal untuk menghindari terbentuknya zat kimia berbahaya itu.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya