Cara Edukasi Anak Jadi Peneliti Unggul

Aktivitas anak-anak bermain
Sumber :

VIVA.co.id - PT Kalbe Farma Tbk kembali menggelar program Kalbe Junior Scientist Awards (KJSA) 2016. Program ini merupakan sebuah penghargaan kepada karya sains terbaik di Indonesia untuk tingkat sekolah dasar.

UU Paten Disahkan, Duit Negara Bisa Meningkat
 
Untuk memulainya, program ini ditandai dengan mengadakan seminar yang bertema “Peran Guru dalam Meningkatkan Karya Sains Kreatif pada Siswa SD”. Ini merupakan kali keenam program ini berlangsung guna mendorong mengembangkan ide kreatif dalam mengajar.
Laporan Makin Mudah, Peneliti RI Kini Diguyur Bonus
 
"Diskusi kali ini merupakan salah satu kontribusi Kalbe untuk mendorong para guru mengembangkan ide kreatif guna membuat karya sains pada siswanya. Kami pun berharap dengan hadirnya penghargaan ini dapat menghasilkan masa depan tunas bangsa untuk mencintai sains bahkan menjadi peneliti unggul," ujar Vidjongtius, direktur Kalbe Farma saat ditemui di kawasan Jakarta Selatan, Selasa, 22 Maret 2016.
Terungkap, Sebab Riset Anak Bangsa Tak Laku di Industri
 
Ia menambahkan, kegiatan KJSA ini pun ingin mengajak siswa-siswi untuk menghasilkan karya sains melalui pengamatan di sekitar dan mencari jawabannya. Siswa dibebaskan memilih tema, seperti lingkungan hidup, tempat tinggal, masyarakat, energi, dan makhluk hidup.
 
Untuk kriteria yang digunakan dalam penilaian KJSA yaitu isi keaslian ide, proses realisasi dan manfaat dari hasil karya bagi lingkungan sekitar dan masyarakat. Penilaian dewan juri akan dipilih 18 finalis berdasarkan nilai tertinggi.
 
Untuk sosialisasi dan pendaftaran peserta program KJSA dimulai pada 22 Maret hingga 15 Juni 2016. 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya