5 Hal yang Pengaruhi Pesanan Makanan di Restoran

Ilustrasi makan/restoran.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id - Bukan rahasia lagi jika sebuah restoran menggunakan berbagai cara agar menarik pelanggan untuk memesan makanan. Beberapa cara tersebut seperti memutar lagu tertentu, memberikan pelayanan yang ramah dan memajang foto di dalam menu. 

Ketahui Enam Kebiasaan Makan Sehat yang Salah
Namun, dilansir dari Food World News, ada faktor lain yang tanpa disadari mampu memengaruhi seseorang dalam menentukan makanan apa yang akan dipesan saat bersantap di restoran. Berikut ini di antaranya.
 
Kandungan Kalori dalam Deretan Camilan Khas Indonesia
Berat badan teman makan
 
Wajib Tahu, Pola Makan dengan Gizi Seimbang
Sebuah studi yang pernah dilakukan menunjukkan bahwa berat badan teman makan Anda dapat mempengaruhi pilihan pesanan makanan. Hasil studi tersebut mengatakan bahwa makan bersama orang dengan yang mengalami berat badan berlebih cenderung membuat seserang lebih memilih menu yang kurang sehat. Begitu pula sebaliknya, makan bersama orang dengan berat badan normal dan sehat, membuat Anda cenderung memilih makanan yang sehat pula.
 
Indeks massa tubuh pelayan
 
Sebuah studi yang telah dipublikasikan di jurnal Envrionment & Behavior menunjukkan bahwa lebih dari 500 orang yang terlibat dalam studi cenderung memesan hidangan penutup ketika dilayani oleh pelayan dengan indeks massa tubuh yang tinggi. Para peneliti menyimpulkan bahwa melihat pelayan dengan indeks massa tubuh tinggi membuat pelanggan mengabaikan kalori yang akan mereka konsumsi.
 
Anda juga perlu mengetahui beberapa hal yang sengaja diatur oleh pihak restoran untuk membuat pelanggan merasa terbantu dan lebih nyaman saat memesan makanan.
 
Nama hidangan dalam menu
 
Studi menujukkan bahwa pelanggan cenderung akan memilih hidangan yang memiliki keterangan atau deskripsi di dalam buku menu. Kata-kata seperti dingin, manis, segar, panas dan lain-lain dapat mempengaruh pilihan pelanggan.
 
Menu spesial
 
Menu spesial biasanya diletakkan pada bagian tertentu di dalam buku menu dan dibuat lebih menarik dari menu lainnya agar menarik perhatian pelanggan. Dengan demikian, para pelanggan biasanya akan cenderung tetap memesan menu ini meskipun harganya mahal.
 
Suasana
 
Suasana yang dihadirkan oleh restoran melalui musik yang digunakan, pencahayaan dan tingkat kebisingan menjadi faktor penentu dalam pemilihan pesanan. Orang yang berada di restoran dengan alunan musik yang lembut dan mellow, didukung dengan pencahayaan yang baik cenderung memesan lebih banyak hidangan dan betah berlama-lama di restoran untuk bersantap.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya