Selain Chef, Ini Profesi Keren Lain di Industri Makanan

Ilustrasi makanan difoto.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id - Di zaman sekarang, juru masak bukanlah satu-satunya profesi keren yang ada di industri makanan. Dilansir dari Food World News ada beberapa profesi lain yang masih berkaitan erat dengan industri makanan, tidak hanya terbatas pada kemampuan memasak saja.

Industri Makanan Kemasan Jawara di ASEAN
 
Fotografer dan penata makanan
Laba Indofood Sukses Makmur Anjlok 24,8%
 
Dengan semakin berkembangnya industri makanan dan persaingan antar restoran yang kian menjamur, profesi ini sangat dibutuhkan untuk membantu memasarkan produk mereka.
Akhinya KFC Buka Gerai Pertama di Tibet
 
Menurut Food World News, di era sosial media saat ini, pangsa pasar industri makanan semakin luas. Foto makanan yang dibentuk semenarik dan sedemikian rupa menjadi salah satu senjata andalan. Oleh karena itu, dibutuhkan orang-orang yang ahli dalam mengambil foto dan menata makanan agar menarik lebih banyak peminat. Dibutuhkan keahlian untuk membuat makanan terlihat menggiurkan walau hanya dilihat dari foto. 
 
Food blogger
 
Food blogging saat ini sudah dianggap sebagai sebuah profesi. Kini kita dapat meghasilkan rupiah dengan membuat review online tentang makanan dan tempat-tempat menarik. 
 
Seorang wanita bernama Sally Quinn menghasilkan uang dengan menuliskan resep-resep makanan melalui situsnya sallybakingaddiction.com. Ia dibayar sesuai dengan banyak iklan dan pos-pos sponsor yang ada di situsnya. Profesi ini cocok bagi Anda yang hobi makan dan menulis.
 
Pencipta rasa (Flavorist)
 
Dilansir dari Inside Jobs, gaji dari seorang flavorist adalah sekitar Rp514 juta - Rp1,5 milyar. Menjadi seorang flavorist memerlukan pengetahuan mengenai rasa, aroma, ekstrak tumbuhan dan bahan-bahan alami lainnya untuk menciptakan rasa dan aroma makanan yang baru.
 
Selain itu, diperlukan kepekaan dan pengetahuan ilmiah tentang rasa. Meskipun terdengar ilmiah, profesi ini fokus pada pengembangan dan pembuatan rasa baru dalam industri makanan.
 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya