Mengungkap Fakta Psikologis di Balik Warna Cat Dinding

Ilustrasi kamar tidur
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id - Selama ini orang percaya bahwa warna bisa memengaruhi emosional seseorang. Karena itulah banyak orang memilih berhati-hati sebelum memilih warna cat untuk dinding ataupun perabotan.

Cantik Banget, 5 Inspirasi Warna Hijau Bolu Pandan untuk Dinding Rumah
Seperti alasan cat tembok kamar penderita kanker dipilih warna pink pucat atau warna pucat lainnya, karena warna seperti ini identik dengan menenangkan dan menentramkan. Sedangkan, warna hijau pada kamar tidur bisa memberikan rasa aman sekaligus mengistirahatkan. 
 
Sering Dilakukan, 3 Kesalahan Saat Memilih Cat Dinding
Fakta psikologis yang ada di balik warna benar-benar menakjubkan, berikut ini pilihan warna beserta penjelasan makna di dalamnya yang bisa menjadi inspirasi sebelum mendekor ulang rumah ataupun menerapkannya untuk sehari-hari, seperti dilansir Female First.
 
Kandungan Cat Dinding Ampuh Tangkal Virus Corona di Rumah
Secara psikologis, ada tiga kategori warna yaitu cool, warm dan neutral. Warna warm seperti merah, jingga dan kuning dikaitkan dengan kenyamanan dan kehangatan.
 
Sedangkan cool berkaitan dengan kedamaian dan ketenangan, sekaligus kesedihan, yang termasuk dalam warna ini adalah hijau, biru, ungu, dan pink, warna cool ini disukai hampir 60 persen orang. Sedangkan warna neutral seperti cokelat, hitam, putih sempurna untuk menjaga segala hal sederhana dan tenang.
 
Warna cerah akan membuat seseorang lebih terkenal dan memiliki banyak teman. Karena warna terang akan membantu dalam memberikan kesan pertama yang lebih berkesan dan diingat. Jadi orang tidak akan mudah melupakan.
 
Berbeda dengan warna cerah, warna hitam dan putih atau monokrom justru dilihat sebagai warna yang paling mudah dilupakan. Namun, warna monokrom selalu terkenal dan disukai banyak orang. Berikan tambahan aksen warna lain untuk tampil beda.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya