Mengenal Buah 'Buruk Rupa' Khas Jambi yang Berkhasiat

Buah-buahan khas Jambi
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Rintan Puspitasari

VIVA.co.id – Membahas kuliner Nusantara tidak akan ada habisnya. Saat menggali lebih dalam, hanya rasa kagum yang akan muncul. Betapa kaya Indonesia akan kuliner, juga bahan-bahan makanan yang akhirnya menjadi ciri khas makanan di setiap daerah.

Khasiat Premium DNA Salmon Soap, Beri Manfaat Luar Biasa Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Seperti Ambon yang kaya akan buah kenari dan sagu, sehingga banyak ditemukan olahan buah kenari dan sagu di sana. Mulai dari minuman hangat air halia kenari, hingga makanan berbahan sagu seperti bubur ne, sagu tumbu, roti sagu.

Jambi, daerah yang dipimpin oleh Zumi Zola ini memiliki beberapa jenis buah yang cukup unik saat pertama kali melihatnya. Buah perepat, buah pidade, dan asam kelubi misalnya.

Gemes Banget, Ge Pamungkas Buka-bukaan Gemar Merawat Kulit: Muka Itu Termasuk Aset

Saat menemukan buah ini di salah satu stan Festival Kuliner Nusantara 2016, di Mal Artha Gading, tidak akan disangka, dibalik bentuknya yang tidak menarik, ternyata ada khasiat yang luar biasa di dalamnya.

Buah perepat misalnya yang diolah menjadi teh perepat, dikatakan memiliki khasiat membuat wajah terlihat bersih. "Buah ini kaya akan vitamin C, bisa untuk memacu adrenalin, dan membuat kulit wajah bersih," ujar Kepala Dinas Pariwisata Jambi Edi Erizon, pada VIVA.co.id.

Nita Gunawan Ngaku Gak Pakai Bedak Buat Wajah Glowing: Cuma Pakai Sabun Rp30 Ribu

Sedangkan pidade yang memiliki bentuk buah serupa, diolah menjadi pidade soda dengan rasa menyegarkan. "Buah ini juga mengandung vitamin C, yang bermanfaat untuk mengobati panas dalam, sariawan dan bibir pecah-pecah."

"Kita punya produk tidak kalah dengan produk negara lain, tapi yang menjadi masalah adalah kemasan, kita tidak menganggap kemasan itu hal penting, padahal dari kemasan dan logo bisa menaikkan nilai produk itu sendiri," kata Edi, saat menjelaskan alasan buah-buah tersebut diolah sedemikian menarik.

Di stan ini juga pengunjung bisa menemukan asam kelubi. Bentuknya sepintas mirip dengan buah salak, namun dengan ukuran yang jauh lebih kecil. Rasanya yang asam, membuat buah ini biasa diolah menjadi manisan."Asam kelubi zaman dahulu dibuat manisan untuk anak-anak."

Asam kelubi kaya akan vitamin C, dan dipercaya bisa mengatasi masalah pada kulit wajah. Seperti mengecilkan pori-pori, kulit berminyak, dan jerawat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya