Tips dan Trik Memotret Makanan

Ilustrasi makanan difoto.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Tidak semua orang bisa membuat makanan tampak lezat dan menarik ketika di foto. Bahkan makanan yang terlezat sekalipun tidak akan membuat orang lain berselera untuk mencicipinya, jika Anda tidak pandai mengolah foto tersebut. 

Terpopuler: Polisi Gerebek Pameran Otomotif, Pesan Mobil Sport Listrik Rp1,1 Miliar

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar gambar makanan diambil terlihat membuat selera orang yang melihatnya dan mendatangkan banyak likes dari followers di akun Instagram Anda.

Berikut beberapa trik yang diberikan oleh Hugh Johnson yang sudah berpengalaman dalam mengabadikan berbagai jenis makanan melalui kamera, seperti dilansir dari laman Telegraph. 

Tidak Akan Ada Guncangan Politik dalam Transisi Jokowi kepada Prabowo, Menurut PAN

Fokus pada satu titik

Fokus pada satu titik di makanan. Jangan mengambil gambar yang dapat menghilangkan fokus bidikan Anda. Misalnya, fokuslah pada bagian mengkilap pada kuning telur atau bagian tengah steak, namun jangan terlalu dekat karena orang-orang akan susah menerka maksud dari foto Anda.

Ekonom Sebut Omnibus Law Jadi PR Prabowo-Gibran

Perhatikan pencahayaan

Menggunakan flash atau lampu kilat untuk memotret makanan di tempat terang akan membuat makanan menjadi terlihat pucat dan warna makanan menjadi tidak menarik. Makanan tersebut lebih baik dibidik dengan cahaya yang natural. Jika ada sinar matahari, coba manfaatkan bayangan yang dihasilkan dari cahaya tersebut.

Hindari blur

Sandarkan kedua siku Anda di meja makan agar kamera tidak goyang dan tetap stabil sehingga blur atau buram dapat dihindari. Biasanya beberapa smartphone telah memiliki fitur untuk menstabilkan pengambilan gambar.

Singkirkan benda yang tidak penting

Foto Anda yang sudah sempurna bisa menjadi tidak menarik jika masih ada benda-benda lain yang dapat mengganggu keindahan gambar seperti lap kotor atau handphone. Jadikan makanan sebagai pusat foto.

Tambahkan air atau minyak

Menambahkan air atau minyak pada makanan, khususnya salad dan buah-buahan akan memberikan efek segar pada objek foto. 

Gunakan kamera yang bagus

Meskipun kamera smartphone sudah dapat dikatakan canggih, namun ada beberapa fungsi yang hanya bisa didapatkan melalui kamera DSLR. Jika Anda memang serius menggeluti dunia 'foodgramming' cobalah untuk menggunakan kamera beresolusi tinggi.

Gunakan Aperture atau bukaan selebar mungkin

Fitur aperture hanya terdapat pada kamera digital dan beberapa merk smartphone. Menggunakan bukaan selebar mungkin akan memberikan pencahayaan maksimal pada objek dan memberikan fokus pada bagian depan objek.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya