Cara Sederhana Menghadapi Anak Aktif

Ibu dan anak.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Rachell Doorley, ibu dari dua orang anak ini merupakan seorang penulis buku TinkerLab dan banyak memberikan ide-ide kreatif dalam menghadapi anak.

Kasih Sayang Tentukan Kepribadian dan Intelegensia Anak

Dilansir dari Mashable, Doorley mengatakan bahwa orangtua dituntut untuk menemukan berbagai solusi yang datang atas masalah mereka hadapi. Namun, ia mengingatkan untuk membarengi hal tersebut dengan memahami bahwa fase pertumbuhan anak terjadi dengan cepat dan Anda harus menemukan solusi yang tepat meskipun tidak akan selalu berlaku untuk selamanya.

"Jalan pintas memang memudahkan kita melakukan berbagai hal. Apapun yang dapat membantu agar suasana tetap terkendali dan terhindar dari kekacauan adalah penyelamat. Mulailah dengan hal yang paling menantang bagi Anda," begitulah kata Doorley. 

10 Tips Tingkatkan Hubungan antara Orangtua dan Anak

Nah untuk menghadapi permasalahan yang datang, Doorley membagi tipsnya. Berikut beberapa cara mudah yang ia gunakan dalam menghadapi anak-anaknya:

Dompet pengganti

Cara Membesarkan Anak agar Tidak Egosentris

Doorley menyarankan untuk mengisi sebuah dompet usang dengan uang mainan, kartu-kartu yang sudah tidak digunakan agar anak tetap terhibur mempreteli barang milik orangtuanya tanpa khawatir dengan isi dompet Anda. 

"Membawa dompet usang di dalam tas sangatlah mudah dan itu menjadi cara yang ampuh untuk membuat anakku tetap terhibur, yaitu saat mereka tetap bisa mengacak-acak isi dompetku saat aku sedang beraktivitas," kata Doorley.

Membawa obat-obatan

Selalu siapkan obat-obatan yang diperlukan terutama ketika akan bepergian jauh. Tidak perlu dalam jumlah besar karena ini hanya untuk antisipasi ketika Anda sedang berada di tempat yang sama sekali asing. Anda bisa membeli kotak-kotak kecil untuk menyimpan obat-obatan tersebut.

Camilan

Doorley menyarankan para orangtua untuk menyiapkan sebuah keranjang, toples atau tempat khusus berisi makanan atau camilan yang digemari oleh anak seperti biskuit, keripik, permen dan lainnya. 

Lakukan hal serupa pada kulkas Anda. Isilah dengan buah-buahan, yoghurt dan cheese stick. Dengan begitu, anak-anak akan mudah mencari makanan tanpa harus bertanya pada orangtua.

Sediakan tempat untuk coretan

Sediakan kardus sebagai media untuk mengembangkan kreativitas anak seperti menyediakan pensil warna agar anak dapat bebas berkreasi di dalam kardus tersebut. Mainan seperti ini akan membuat mereka menjadi lebih sibuk dan Anda dapat mengajarkan anak tentang daur ulang sekaligus.

Kotak serbaguna

Kegiatan yang memicu pertumbuhan sensorik anak sangat penting terutama bagi mereka yang sedang dalam proses tumbuh kembang. Ide ini disebut Doorley sebagai penyelamat. 

Ketika anaknya masih sangat kecil, Doorley terkadang selalu memvariasikan permainan yang ia taruh di dalam sebuah kotak. Mainan tersebut masih berhubungan dengan kesukaan anaknya seperti figur binatang, buah beri, bola katun, dan lilin mainan. (ms)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya