Cek Karakter Pribadi Lewat Foto Profil Media Sosial

Foto Profil
Sumber :

VIVA.co.id – Foto seperti apa yang kamu pilih untuk menjadi foto profil di akun media sosial? Berapa lama waktu yang dihabiskan untuk memilih dan mengedit foto itu?

Membaca Kepribadian Seseorang dari Garis Dahi

Sebuah studi terbaru dari Universitas Pennsylvania mengungkap fakta menarik tentang foto profil. Dilansir Telegraph, studi ini berhasil membaca karakter pribadi seseorang berdasarkan foto profilnya.

Tim dari universitas ini melakukan penelitian terhadap 66 ribu pengguna Twitter dan melakukan survey terhadap 434 orang. Hasil penelitian yang dituang dalam laporan berjdul 'Analyzing Personality through Social Media Profile Picture Choice' ini membagi karakter seseorang berdasarkan foto profilnya ke dalam 5 jenis.

Orang dengan Kepribadian Ini Lebih Berempati

Yang manakah anda?

1. Petualang
Kategori ini merupakan mereka yang suka mencoba hal-hal yang baru. Berdasarkan foto profilnya, si petualang biasanya tak ragu untuk berpose aneh dan nyentrik sekali pun. Kategori ini pun termasuk untuk mereka yang suka berfoto dengan objek lain, seperti gitar, papan pelucur, kacamata, dan lain sebagainya.

Ketahui Karakter Seseorang dari 4 Jenis Minuman Ini

Uniknya, meski mereka lebih suka memasang foto yang tidak berwana, datar, dan ekspresi yang marah atau sedih di dalamnya agar terlihat lebih keren.

2. Tertutup
Mereka termasuk ke dalam orang-orang yang galau yang sulit menangani emosi negatifnya. Berdasarkan studi, mereka memang terlihat menyedihkan, tapi enggan menunjukkannya ke publik, karena itu, mereka akan memasang foto selain wajahnya. Foto profil kategori ini adalah foto-foto seperti hewan peliharaan, bunga, mobil, dan lain sebagainya.

3. Bertanggungjawab
Suka perencanaan yang matang, disiplin terhadap dirinya sendiri adalah ciri-ciri orang yang teliti dan bertanggungjawab. Dilihat dari foto profilnya, mereka akan menampilkan kesan yang rapi, pintar, dan berenergi positif. Jangan heran, jika orang ini akan terlihat lebih tua dari usia aslinya. Secara estetika, orang-orang ini juga memperhatikan frame, warna, dan latar belakang.

4. Ramah
Foto-foto yang penuh warna, cerah, tapi blur adalah tipe foto profil yang sering digunakan oleh mereka yang punya kepribadian ramah. Kecerahan akan tampil lewat aktivitas menyenangkan seperti tertawa, tersenyum lebar, sedang bermain dengan teman-temannya, dan lain-lain.

Tapi biasanya, mereka yang ramah ini tidak memedulikan bentuk frame dan tingkat kecerahan, karena bisa jadi, foto dipotong agar lebih fokus pada momen yang ingin diambil dari foto aslinya.

5. Ekstrovert
Karakter ini punya foto lebih 'ekstrem' dari si ramah. Ia akan memperlihatkan keceriaannya saat berfoto. Tak peduli bagaimana pun tekniknya, pemilik karakter ekstrovert ini akan berpose sedemikian rupa agar terlihat lebih muda dari aslinya. Untuk kualitas, mereka tak pernah memedulikan estetika fotonya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya