Kunci Anak Berprestasi, Senang dan Percaya Diri

Ilustrasi anak
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Kunci pencapaian prestasi yang gemilang pada anak, ternyata tidak sulit yakni cukup membuat anak merasa senang dan percaya diri.

Moms, Ini Cara agar Tak Mudah Stres dan Bisa Bonding dengan Anak

"Tumbuhkan rasa ready to go to school pada anak," ujar Prof. Sri Hartati, MA., PHD., Wakil Dekan Fakultas Piskologi Universitas Indonesia yang ditemui di Kementerian Pendidikan dan Budaya RI, Senayan, Jakarta, Selasa, 31 Mei 2016.

Sri menjelaskan bahwa sejak dini orangtua harus menanamkan rasa senang datang ke sekolah pada anak. Ditambahkannya, peran orangtua dan lingkungan sekolah sangat penting untuk menumbuhkan perasaan tersebut.

7 Perilaku Gaslighting Orangtua pada Anak, Banyak yang Gak Sadar

"Buat anak berpartisipasi aktif di sekolah agar ia merasa diterima secara emosional sehingga nantinya ia akan sukarela menyediakan waktu untuk menjalani proses belajar," kata dia.

Salah satu cara agar anak aktif berpartisipasi di sekolah adalah dengan membaca. Psikolog itu mengakui bahwa membaca adalah proses yang sulit, namun dengan meningkatkan rasa percaya diri pada si kecil, lama kelamaan mereka akan dengan sendirinya merasa senang untuk membaca dan menghasilkan prestasi akademik yang baik.

5 Tips Parenting Agar Anak Cerdas

"Peningkatan self-esteem (rasa percaya diri) lebih dibutuhkan dalam prestasi akademik anak yang lebih baik," ujarnya.

Laporan: Diza Liane Sahputri

Ilustrasi anak menabung.

Tips Memberi Pemahaman Soal Keuangan kepada Anak

Memahami atau memiliki kecakapan dalam hal literasi keuangan merupakan salah satu kunci penting agar dapat membuat keputusan keuangan yang tepat dan tidak boros. 

img_title
VIVA.co.id
8 Maret 2022