RESEP: Pastel Goreng Nikmat Isi Tuna

Pastel goreng isi tuna
Sumber :
  • Viva.co.id/Rintan Puspitasari

VIVA.co.id – Jajanan pasar yang satu ini menjadi favorit banyak orang. Dan biasanya makanan ini juga tak luput hadir dalam acara berbuka puasa. Mau dipasangkan dengan sambal kacang atau cabe rawit, pastel selalu jadi idola untuk berbuka puasa.

RESEP: Segarnya Berbuka dengan Es Kepal Nutrisari

Bosan dengan rasa pastel yang ada di pasaran, kenapa tidak mencoba membuat pastel sendiri? Selain tahu bahan yang digunakan, membuat pastel sendiri juga bisa menjadi inspirasi peluang usaha baru lainnya.

Kali ini, Chef Ucu Sawitri membagikan cara membuat pastel yang lezat untuk berbuka puasa. Pastel isi tuna ini memiliki tekstur yang lembut, renyah di bagian kulit, serta lezat tanpa aroma dan rasa amis di bagian dalam.

RESEP: Buka Puasa Pakai Seblak, Why Not?

"Untuk menghilangkan amis karena tuna di bagian isi, gunakan kecombrang. Selain itu, tuna sebaiknya disuwir, jangan di blender," ujar Chef Ucu dalam coaching class Sajian Lebaran Berbasis Tepung Terigu di SCBD, Jakarta Pusat.

Pastel Goreng Isi Tuna

10 Resep Paling Dicari di Bulan Ramadan, No 1 Enggak Nyangka

Bahan kulit:

60 gram margarin
Minyak sayur
1/2 sendok teh garam
90 mililiter air panas
250 gram terigu segitiga biru
1/2 sendok teh baking powder
500 mililiter minyak goreng

Bahan isi:

250 gram tuna kaleng
150 gram jagung manis
Dua siung bawang putih
Enam buah cabe rawit (sesuai selera)
50 gram bawang bombai
1 sendok makan daun kemangi
1 sendok makan kecombrang

Cara membuat:

Isi

Tumis semua bahan isi, dengan urutan mentega, tuna, cabai, setelah aroma mantap masukkan bumbu (kaldu, merica, garam), kemudian masukkan jagung, kecombrang (kecombrang ini untuk menghilangkan amis dari tuna), dan terakhir kemangi setelah aroma kecombrang tercium. Setelah aroma cukup kuat, matikan, lalu sisihkan.

Kulit

Aduk merata margarin, minyak sayur, garam, air panas, tambahkan tepung dan baking powder (tepung dan baking powder aduk jadi satu sebelum diayak di atas campuran mentega tadi), tipiskan dengan menggunakan roll pipa, lalu tambahkan isian dalam cetakan pastel (kalau tidak ada cetakan, bisa pakai permukaan gelas dengan ujung tajam). Sajikan untuk 25 porsi dengan cetakan kecil dan 12 porsi dengan cetakan besar.

"Goreng deep frying, tapi ingat, pastikan minyak benar-benar mendidih, untuk menghindari pastel terlalu berminyak. Dan agar pastel tidak terbuka, selalu bolak balik saat menggoreng, agar panas dan warnanya rata," kata dia. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya