Tujuh Kegunaan Tersembunyi Selai Kacang

Selai kacang.
Sumber :
  • Pixabay/stevepb

VIVA.co.id – Selama ini selai kacang selalu digunakan sebagai olesan roti atau makanan lainnya. Tapi, selain dikonsumsi, selai kacang ternyata juga punya kegunaan lain yang bisa Anda manfaatkan untuk kebutuhan rumah tangga dan kecantikan.

Soal Kasus Vina Cirebon, Hotman Paris: Mengumumkan DPO Harusnya Enggak Samar-samar

Berikut beberapa manfaat tersebut seperti dilansir laman The Sun.

Membersihkan permen karet

Pengakuan Mengejutkan Ojol Pencuri Velg dan Ban Mobil di ITC Cempaka Mas

Permen karet yang menempel di pakaian, rambut, karpet, seprai, di bawah meja, atau di lantai sekalipun dapat dibersihkan menggunakan selai kacang. Cukup oleskan tipis-tipis pada daerah yang terkena permen karet, diamkan 5-10 menit kemudian bersihkan dengan kain basah.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan cara ini untuk membersihkan bekas lem yang menempel dari label harga. Hanya dengan mengoleskannya selama beberapa detik, bekas label berwarna putih yang membandel pun bisa hilang.

Kejagung Dinilai Serius Gali Kemungkinan Pasal Pencucian Uang dalam Kasus Timah

Menghilangkan bau tak sedap di dapur

Sehabis memasak biasanya rumah akan dipenuhi aroma masakan yang menyengat. Untuk menghilangkannya cukup masukkan sedikit selai kacang ke dalam wajan atau penggorengan, lalu masak selama 2-4 menit. Bau tak sedap pun segera hilang.

Krim pencukur

Selai kacang mengandung banyak minyak alami yang bisa dijadikan sebagai pelembap. Menggunakannya sebagai krim pencukur bisa menghindarkan Anda dari luka yang yang mengganggu dan juga membantu melembapkan kulit Anda.

Membuat rambut lembut dan berkilau

Menggunakan selai kacang sebagai sampo dapat membuat rambut Anda kembali berkilau dan melembutkannya. Minyak alami yang terkandung di dalam selai kacang akan meresap ke tiap helai rambut. Namun pastikan Anda membilasnya sampai bersih dan tidak meninggalkan bau.

Perangkap tikus

Menangkap tikus dengan perangkap sudah biasa, tapi menggunakan selai kacang adalah cara terampuh menangkap binatang pengerat itu.

Pelumas pintu atau jendela

Pintu atau jendela Anda sering mengeluarkan suara berderik yang mengganggu? Cobalah oleskan selai kacang pada engselnya dan suara berderik yang mengganggu ketenangan itu pun lenyap.

Memoles barang-barang berbahan kulit

Selai kacang dapat digunakan untuk membuat sepatu, jaket kulit, hingga sofa kembali mulus.

Laporan: Adinda Permatasari

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya