Jangan Lakukan Tujuh Hal Ini Setelah Makan

Ilustrasi teh.
Sumber :
  • Kaboompics

VIVA.co.id – Anda pasti pernah mendengar saran dari orang tua atau dokter yang merekomendasikan beberapa gaya hidup dan tips diet kesehatan yang melarang sejumlah aktivitas setelah makan. Namun, banyak orang cenderung mengabaikannya.

Deretan Kebiasaan Buruk Ini Tingkatkan Risiko Penyakit Kritis

Faktanya memang ada hal-hal tertentu benar-benar tak boleh Anda lakukan setelah makan karena dapat menyebabkan gangguan dan komplikasi kesehatan.

Untuk itu, ketahui beberapa diantaranya seperti dilansir Times of India berikut ini.

10 Cara Mengurangi Risiko Kanker, Murah dan Mudah Dilakukan

Merokok

Kandungan nikotin dalam rokok dapat mengganggu proses pencernaan dan juga menyebabkan penyerapan karsinogen lainnya oleh tubuh.

Gak Disangka, Siti Badriah Umbar Aib Suaminya

Mandi

Langsung mandi setelah makan dapat menyebabkan fungsi pencernaan menurun, karena mandi dapat memperlambat aliran darah dalam tubuh.

Makan buah

Hal yang harus dihindari setelah mengonsumsi makanan besar adalah makan buah-buahan. Itu karena buah-buahan membutuhkan enzim yang berbeda untuk dicerna, sehingga nutrisi di dalam buah tidak bisa diserap dengan baik oleh tubuh bila dikonsumsi setelah makan.

Minum teh

Teh mengurangi kemampuan tubuh untuk menyerap zat besi yang terkandung di dalam makanan.

Duduk untuk waktu yang lama

Salah satu tips yang akan membantu Anda adalah sedikit berjalan setelah makan dan tidak duduk dalam waktu yang lama. Itu karena kebiasaan ini dapat menyebabkan gangguan pencernaan.

Latihan keras

Hal yang harus dihindari setelah makan adalah melakukan latihan atau olahraga yang berat karena dapat menyebabkan refleks asam, cegukan dan mual.

Berbaring

Hindari berbaring setelah makan, karena hal ini dapat menyebabkan makanan kembali naik ke sistem pencernaan dan menyebabkan mual.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya