Lezatnya Lontong Cap Go Meh Tabur Bubuk Kacang Kedelai

Lontong Cap Gomeh
Sumber :
  • VIVA.co.id/Diza Liane

VIVA.co.id – Kelezatan kuah santan khas rumahan, kini bisa Anda cicipi dalam semangkuk lontong cap go meh. Tidak hanya itu, paduannya dengan ayam nan empuk, dijamin bikin Anda ketagihan.

Begini Asal-usul Lontong Cap Go Meh, Masakan Khas Imlek

Adalah Rul's Coffee Gallery yang menyajikan hidangan Lontong Cap Go Meh sebagai menu utamanya yang khas masakan rumahan. Resep ini sendiri ternyata sudah diturunkan hingga tiga generasi pada Rulita Anggraini, pemilik kedai kopi tersebut.

"Awalnya dari eyang saya, lanjut ke ibu saya dan sekarang resepnya ada di tangan saya. Jadi untuk yang rindu minum kopi sambil ditemani masakan rumahan, khususnya lontong cap go meh, hanya ada di kedai kopi ini," ujar Ruli yang ditemui pada pembukaan Rul's Coffee Gallery, Manggarai, Jakarta, Senin 5 September 2016.

Bikin Ngiler, 5 Makanan Khas Gunungkidul Yogyakarta Ini Wajib Kamu Coba

Dalam semangkuk Lontong Cap Go Meh, Anda dapat mencicipi beberapa potong lontong yang gurih dengan sepotong ayam dan udang kecil yang empuk. Tidak hanya itu, terdapat makanan khas Jawa Tengah, Yogyakarta, yaitu Krecek yang turut diselipkan di dalamnya.

"Ada lontong, ayam, udang kecil, krecek lalu disiram kuah santan yang berisi sayuran dan kacang. Nah yang unik ini nih, potongan telurnya disiram dengan bumbu petis yang berwarna hitam," jelasnya.

4 Resep Es Selendang Mayang Khas Betawi Segar dan Nikmat

Yang semakin menambah kelezatan hidangan ini yaitu adanya taburan bawang goreng serta bubuk kacang kedelai disentuhan akhirnya. Sehingga, Ruli yakin resepnya ini tidak akan ditemukan di mana pun dan kelezatannya memiliki ciri khas tersendiri.

"Taburan kacang kedelai ini saya berikan agar bikin tambah gurih. Jadi udah pasti lezat dan enggak akan ditemukan di mana pun karena ini resep keluarga," kata dia.

Warga saat menyaksikan permainaan liang liong dan barongsai di sekitar Klenteng Hok Tik Bio Blora

Ada Lontong Cap Go Meh dalam Perayaan Imlek di Klenteng Hok Tik Bio Blora

Ada yang khas dalam perayaan Cap Go Meh yang merupakan rangkaian peringatan Tahun Baru Imlek 2.574 di Klenteng Hok Tik Bio Blora, Jawa Tengah, Minggu (5/2) malam. 

img_title
VIVA.co.id
6 Februari 2023