Tujuh Makanan Terbaik yang Tingkatkan Fungsi Otak

Buah tomat.
Sumber :
  • Pixabay/ Anelka

VIVA.co.id – Otak Anda adalah salah satu organ yang paling penting dan karena itu layak mendapat perhatian lebih. Seringkali kita mempertimbangkan makanan yang baik melindungi jantung dan ginjal tapi jarang sekali memikirkan  makanan yang baik untuk bahan bakar otak.

Empat Makanan Ini Ampuh Cegah Kerusakan Otak

Bahkan, mengabaikan kebutuhan nutrisi otak adalah salah satu penyebab di balik kerusakan otak pada usia lanjut. Sementara mengonsumsi makanan yang baik untuk melindungi otak sejak muda bisa mencegah gangguan terkait otak dan membantu berfungsi lebih baik.

Berikut ini daftar makanan yang baik untuk meningkatkan fungsi otak seperti dilansir dari Boldsky.

Ini Makanan Terbaik untuk Jaga Kesehatan Otak

Gandum

Otak Anda membutuhkan bahan bakar untuk bekerja, di antaranya darah menyuplai glukosa dan nutrisi ke otak. Glukosa memberikan energi yang banyak didapat dari makanan harian. Salah satunya, gandum yang menawarkan energi.

Enam Resep Asupan Utama untuk Otak

Tingkat energi yang stabil membantu fokus otak Anda tanpa hambatan. Namun demikian, hindari biji-bijian olahan.

Blueberi

Beberapa studi menyatakan bahwa blueberi dapat mencegah hilangnya memori jangka pendek. Makan makanan yang baik untuk memori Anda adalah solusi yang baik untuk otak.

Lemak omega 3
 
Tubuh dan otak membutuhkan asam lemak omega 3 agar berfungsi dengan baik dan ikan merupakan sumber yang kaya nutrisi ini. Salmon, sarden dan makarel adalah pilihan yang baik untuk otak Anda.

Tomat

Kita tahu bahwa tomat memiliki kandungan likopen. Banyak penelitian mengklaim bahwa itu adalah antioksidan yang dapat melindungi sel-sel otak dari kerusakan akibat radikal bebas. Bahkan tomat bisa mencegah Alzheimer.

Vitamin E
 
Penurunan kemampuan kognitif yang terjadi karena usia bisa diperlambat dengan bantuan vitamin E. Kacang, telur, zaitun dan asparagus menawarkan jumlah vitamin E yang baik.

Vitamin K

Seperti kita tahu bahwa brokoli banyak mengandung vitamin K. Hal ini baik untuk untuk meningkatkan kekuatan otak dan fungsi kognitif.

Vitamin C

Beberapa vitamin memang diperlukan untuk otak. Vitamin C adalah utama karena membuat otak Anda menjadi cerdas dan tangkas.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya