Daftar Delapan Makanan yang Terancam Punah

Cokelat batang.
Sumber :
  • Pixabay/jackmac34

VIVA.co.id – Pemanasan global, jamur mematikan dan hama bisa membahayakan makanan favorit Anda. Selain itu jika hal tersebut terus terjadi, persediaan sejumlah makanan semakin hari semakin berkurang dan kemudian mulai menghilang di pasar-pasar dan akhirnya punah.

Serbu Promo Ramadan Blibli dengan Promo Gercep hingga 90%

Berikut adalah daftar makanan yang terancam punah seperti dilansir dari The Sun.

Kopi

10 Makanan Terbaik Singkirkan Lemak, Bikin Bentuk Tubuh Jadi Lebih Baik

Para ahli baru-baru ini mengungkapkan bahwa kopi terancam punah pada awal 2080, jika manusia tidak bertindak. Peningkatan suhu di tanah yang saat ini digunakan untuk menanam biji kopi membuat kopi tidak bisa tumbuh. Belum lagi jamur dan hama yang memiliki dampak serius pada tanaman kopi.

Cokelat

Serba-serbi Perayaan Valentine 14 Februari

Produsen cokelat Swiss Barry Callebaut telah mengumumkan bahwa persediaan biji kakao bisa habis di awal 2020. Itu karena saat ini semakin banyak orang yang mengonsumsi cokelat secara rutin. Terbukti, cokelat yang dikonsumsi lebih banyak daripada yang diproduksi tahun lalu. Selisihnya sekitar 70.000 metrik ton.

Pisang

Jika wabah ini terus berlanjut, pisang bisa hilang sepenuhnya. Pisang di Yordania dan Mozambik sedang terganggu oleh penyakit panama yang menyebabkan ribuan tanaman mati. Untungnya, pisang ditanam di beberapa daerah lain, tetapi penyakit ini masih menjadi perhatian serius.

Madu

Selama bertahun-tahun belakangan, populasi lebah telah menurun. Ketika jumlah lebah menurun, begitu pula produksi madu, yang berarti madu lama kelamaan akan menjadi sulit didapat dan menjadi langka. Madu akan terancam punah sampai solusi untuk menghentikan parasit yang menyerang koloni lebah penghasil madu ditemukan.

Selai kacang

Kacang, sebagai bahan penting untuk selai kacang, kini berjuang untuk tumbuh karena meningkatnya kekeringan di mana-mana.

Alpukat

Konsumsi alpukat terus meroket dalam beberapa tahun terakhir, setelah dicap sebagai makanan super oleh para blogger kebugaran dan kecantikan. Namun, perubahan iklim dan kekeringan di California tidak membantu industri pertanian alpukat. Kekurangan ini juga membuat harga alpukat terus meningkat.

Ikan salmon

Bukan hanya buah dan sayuran yang sedang terkena dampak pemanasan global. Ikan salmon juga berjuang untuk beradaptasi dengan suhu air yang kian panas. Perlu diketahui, air dingin merupakan tempat salmon bereproduksi dan bertahan hidup.

Sirup maple

Sirup maple adalah produk makanan lain yang menjadi korban pemanasan global. Jika suhu di Kanada terus meningkat, lebih dari enam derajat, pohon maple harus berjuang untuk menghasilkan getah, yang merupakan bahan dasar untuk pembuatan sirup maple.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya