Ketahui Tips Belanja Oleh-oleh Makanan

Kue simping, oleh-oleh khas Purwakarta
Sumber :
  • VIVA.co.id

VIVA.co.id – Saat bepergian ke luar kota, oleh-oleh adalah barang wajib yang diburu, entah untuk suvenir atau buah tangan bagi orang-orang tersayang. Hampir sebagian besar orang menjadikan makanan sebagai buah tangan karena lebih dapat menunjukkan ciri khas suatu daerah ketimbang benda lainnya. Tentunya, Anda tidak ingin memberikan oleh-oleh berkualitas buruk, bukan?

Legitnya Pisang Aroma, Oleh-oleh Khas Temanggung

Nah, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat membeli oleh-oleh jajanan khas suatu daerah. Cara pertama adalah kenali barang yang akan dibeli. Hal ini bisa dilakukan dengan melihat tampilan dari makanan tersebut.

Periksalah kelayakan dari kemasan makanan yang akan Anda beli. Selain itu, kemasan yang mencolok daoat membantu Anda memilih oleh-oleh, namun lagi-lagi jangan lupakan ketelitian dalam melihat kemasan oleh-oleh.

5 Oleh-oleh Snack Khas Thailand

"Kenali terlebih dahulu oleh-oleh yang akan dibeli. Kalau enggak kenal kita enggak tau seperti apa oleh-oleh tersebut. Bisa dilihat secara tampakan luar, baik produk atau packaging, kalau menarik dan eye catching kita akan tertarik," kata Chef Rahmat Kusnedi, saat jumpa pers program master oleh-oleh di kawasan Thamrin, Kamis, 8 September 2016.

Selain itu, yang tak kalah penting adalah mengecek tanggal kedaluwarsa dari oleh-oleh yang Anda beli. Tentunya Anda tidak ingin membuat kerabat atau sahabat tercinta berakhir di rumah sakit setelah mencicipi buah tangan dari Anda.

Menikmati Nuansa China Tempo Dulu di Yuyuan Garden

"Expired date-nya ada atau enggak dan apakah itu terdaftar di BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) dan label halalnya," ujarnya.

Kemudian jika memungkinkan, coba terlebih dahulu tekstur oleh-oleh makanan yang akan dibawa pulang.

"Kita harus kenal produk apa yang mau kita beli. Mulai dari warna apakah layak, tekstur. Kenali dulu baik dengan melihat tampakan luar dan syukur-syukur bisa pegang secara tekstur," kata Rahmat.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya