Wajib Tahu, Aturan Tepat Minum Kopi

Kopi.
Sumber :
  • Kaboompics

VIVA.co.id – Banyaknya studi mengenai manfaat dari kafein yang terkandung di dalam kopi, menjadi salah satu alasan kepopuleran minuman ini. Namun, manfaat kopi bisa berubah menjadi efek yang berbahaya jika Anda salah mengonsumsinya,

3 Kiat Siasati Kecanduan Kopi Selama Ramadan

Menurut beberapa studi ada beberapa situasi di mana seharusnya Anda hindari saat mengonsumsi kopi. Berikut ini aturannya, seperti dilansir dari laman Prevention.

Jangan konsumsi saat panas

Kenali Bahaya Terlalu Banyak Minum Kopi

Saat kopi baru saja matang, sebaiknya Anda tidak langsung menyesapnya dan membiarkan suhunya sedikit turun  terlebih dahulu. Karena, konsumsi minuman panas dengan temperatur 65 derajat Celsius dapat meningkatkan risiko kanker esofagel, seperti laporan dari World Health Organization (WHO). Untuk itu, bagi para pecinta kopi hitam panas, sebaiknya sabar menunggu hingga temperatur kopi Anda sedikit berubah dengan menempatkannya di cangkir berbahan keramik yang mampu menyerap suhu panasnya dengan cepat

Dua cangkir per hari

Rio Dewanto Minum Puluhan Cangkir Kopi dalam Sehari

Menurut ahli gizi, Ali Miller, kafein mampu menstimulasi efek sistem saraf dengan merilis hormon kortisol. Dengan demikian, akan menimbulkan respons gelisah bahkan masalah tidur akibat hal itu. Untuk menghindari hal tersebut, upayakan konsumsi kopi hanya dua cangkir per hari atau enam jam sebelum waktu tidur.

Jangan konsumsi kopi sebelum tidur

Saat diminum di pagi hari, kopi memang menjadi sarana untuk menghilangkan rasa kantuk. Tapi, konsumsi kopi saat lima jam sebelum waktu tidur, malah memberikan rasa kantuk akibat aktivitas kognitif tubuh yang menolak energi dari kafein.

Minum kopi pukul 10 pagi

Menyesap secangkir kopi hangat di waktu yang begitu pagi usai bangun dari tidur, ternyata tidak mampu bertahan lama. Untuk itu, waktu terbaik menyesap kopi adalah pukul 10 pagi dan 12 siang karena saat itu kadar kortisol menurun dan akhirnya akan menyerap kafein dengan baik dan mengubahnya menjadi energi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya