Tujuh Makanan Ini Bisa Bikin Anda Bahagia

Ilustrasi bayam.
Sumber :
  • Pixabay/kkolosov

VIVA.co.id – Rasa marah dan sedih, bisa tiba-tiba saja muncul dan merusak hari Anda. Bahkan, salah-salah justru akan memperburuk hubungan Anda dengan teman, atau bahkan pasangan.

6 Takjil Rendah Kalori Untuk Menjaga Berat Badan Ideal

Tapi, tahukan Anda jika penyebab perasaan marah dan sedih adalah karena rendahnya hormon dopamin dan serotonin? Dua hormon yang diproduksi di otak ini bertanggung jawab untuk menghasilkan pikiran positif dan pikiran bahagia.

Kurangnya dopamin atau serotonin bisa membuat seseorang merasa gelisah dan depresi. Itulah mengapa sangat penting untuk menyehatkan otak Anda dengan makanan tertentu yang dapat membantu meningkatkan produksi kedua hormon tadi, dalam rangka meningkatkan suasana hati Anda.

5 Tips Jitu Menurunkan Berat Badan Saat Puasa

Makanan sehat dapat membantu meningkatkan suasana hati Anda secara umum, tetapi  makanan tertentu bertujuan untuk meningkatkan suasana hati secara alami. Berikut adalah daftarnya seperti dilansir dari laman Boldsky,

Roti

6 Menu Buka Puasa Sehat Ini Bikin Energi Penuh, Cegah Diabetes & Hipertensi!

Makanan untuk meningkatkan suasana hati salah satunya roti. Roti kaya akan karbohidrat yang bisa mencapai sel-sel otak cepat dan meningkatkan produksi serotonin.

Cokelat

Selain lezat, suasana hati juga bisa meningkat ketika mengonsumsi cokelat. Cokelat terutama dark chocolate,  mengandung antioksidan luar biasa yang dapat meningkatkan suasana hati Anda dan mengobati gejala depresi.

Bayam

Bahan alami yang dapat meningkatkan suasana hati Anda termasuk bayam. Sayuran hijau berdaun ini kaya akan kandungan zat besi yang dapat meningkatkan aliran darah ke otak, dalam rangka meningkatkan suasana hati Anda.

Jeruk

Kandungan nutrisi yang dapat mengobati depresi dan meningkatkan suasana hati terkandung dalam jeruk. Buah jeruk kaya akan vitamin C dan folat yang dapat membantu meningkatkan tingkat dopamin.

Ikan

Bahan alami lainnya yang tepat untuk meningkatkan suasana hati Anda adalah ikan. Itu karena ikan kaya akan asam lemak omega-3 yang sangat baik untuk meningkatkan kadar serotonin.

Saffron

Saffron, atau kesari juga merupakan bahan alami untuk meningkatkan suasana hati yang baik, karena dilengkapi dengan sifat antidepresan. Saffron juga dapat mengurangi perubahan suasana hati selama menstruasi bagi sebagian besar wanita.

Kelapa

Asam lemak omega-3 yang terkandung di dalam kelapa memiliki kemampuan untuk merangsang produksi serotonin dan juga untuk menenangkan saraf Anda.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya