Konsumsi Delapan Makanan Ini saat Cuaca Dingin

Ilustrasi Jahe
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Perubahan cuaca yang tidak menentu seringkali membuat Anda mudah terserang penyakit. Tubuh menjadi gagal menyesuaikan diri dengan suhu dan menjadi lemah serta rentan terhadap infeksi bakteri.

Masih Sering Khilaf Doyan Mie Instan, Kebiasaan dr Zaidul Akbar Terungkap

Dilansir laman Boldsky, terdapat beberapa makanan yang bisa meningkatkan kekebalan sistem imun sehingga tubuh menjadi lebih kebal terhadap penyakit akibat cuaca buruk. Apa saja makanan tersebut? Berikut ini diantaranya.

Jahe

Resep Ramuan Herbal untuk Redakan Demam, Cuma Pakai 3 Bahan

Jahe mengandung zat antiseptik dan antiperadangan yang ampuh membasmi bakteri berbahaya dalam tubuh. Selain itu, jahe juga baik untuk menurunkan suhu tubuh dan efektif menghangatkan tubuh saat udara sangat dingin.

Makanan kaya vitamin C

Tantrum pada Anak, Apakah Ada Kaitannya dengan Makanan yang Dikonsumsi Sang Ibu Selama Kehamilan?

Buah-buahan seperti jeruk, lemon,jeruk Bali dan lain-lain mengandung banyak vitamin c. Vitamin ini sudah dikenal baik untuk meningkatkan kekebalan sistem imun terutama saat cuaca buruk.

Bawang putih

Bawang putih juga baik dikonsumsi saat cuaca buruk dan bisa mengatasi sakit tenggorokan. Senyawa sulfur dalam bawang putih memiliki peran layaknya antioksidan, meningkatkan kekebalan tubuh terhadap pilek dan demam.

Madu, lemon dan jahe

Tambahkan madu, lemon, jahe, kayu manis, bawang putih dan gula kedalam air panas dan minum campuran tersebut setidaknya tiga kali sehari.

Sup ayam

Tidak hanya buah, sup ayam pun juga bermanfaat bagi tubuh saat cuaca buruk. Dalam sup ayam terdapat berbagai mineral, vitamin dan antioksidan yang baik untuk menjaga kekebalan tubuh.

Ubi dan wortel

Keduanya mengandung betakaroten berwujud vitamin A. Vitamin ini adalah komposisi utama untuk mendapatkan imunitas yang kuat saat menghadapi cuaca buruk.

Sayuran hijau

Tidak bisa dipungkiri bahwa konsumsi sayuran hijau memang sangat disarankan karena manfaatnya yang luar biasa bagi kesehatan. Sayuran hijau akan membuat tubuh lebih kebal terhadap serangan flu dan demam saat cuaca buruk.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya