Ketahui Enam Langkah Mengasah Pisau Dapur dengan Benar

Ilustrasi pisau dapur.
Sumber :
  • Pixabay/PD_MAPHO

VIVA.co.id – Pisau merupakan salah satu alat masak paling esensial di dapur Anda. Hampir semua kegiatan memasak di dapur pasti membutuhkan pisau, dari mulai memotong, mengupas, mencincang hingga mencacah. Untuk itu penting untuk menjaga pisau tetap tajam.

Usai Bunuh Mertuanya, Pelaku Nekat Bunuh Diri saat Ditangkap Polisi Dengan Menusuk Tubuhnya

Bukan hanya tidak enak ketika digunakan, pisau yang tidak tajam juga lebih berbahaya. Itu karena ketika pisau tidak cukup tajam, bisa saja pisau itu meleset dan justru melukai tangan.

Sayangnya tidak banyak yang tahu cara tepat untuk mengasah pisau. Untuk itu, ketahui aturannya, seperti dilansir dari The Kitchn.

Tips Simpan Bawang Biar Awet, Masak Sahur dan Buka Puasa Jadi Sat Set

Uji ujung pisau Anda

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum mengasah pisau ialah menguji ujung pisau Anda. Dengan cara ini Anda akan memiliki titik perbandingan ketika Anda selesai mengasah. Anda dapat melakukan ini dengan mengiris kulit apel atau tomat untuk melihat berapa banyak resistensi yang didapatkan

Seorang Pria Masuk Penjara di Singapura Gegara Nonton Games, Kok Bisa?

Siapkan batu Anda

Selanjutnya, basahi batu asah Anda dan letakkannya di atas serbet lembap pada permukaan yang kokoh. Membasahi batu asah dapat mengurangi gesekan yang dapat memanaskan pisau Anda dan menyebabkan kerusakan. Sedangkan serbet akan membuat batu asahan stabil dan tidak bergoyang saat Anda mengasah pisau.

Atur posisi pisau

Pegang pisau di tangan kanan Anda dengan pisau menghadap menjauh dari Anda, atur bagian tumit pisau di sudut kiri atas batu asah dan atur kemiringan pisau itu pada sudut sekitar 15 sampai 20 derajat.

Tarik pisau ke arah Anda

Dengan mempertahankan sudut ini, tarik pisau ke arah Anda. Anda dapat menggunakan sisa jari-jari tangan yang lain untuk membantu mengarahkan pisau saat diasah.

Ulangi

Ulangi gerakan ini hingga beberapa kali di setiap sisi.

Uji pisau Anda.

Pisau bisa dibilang tajam ketika Anda bisa mengupas apel dan tomat tanpa perlu menggunakan tekanan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya