Rekomendasi Restoran Halal di Negeri Ginseng

Ilustrasi sajian kuliner.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Berkunjung ke Korea Selatan tidak akan terasa lengkap jika belum mencicip hidangan mereka. Sayangnya masih banyak wisatawan muslim yang ragu untuk berkunjung ke sana karena malas mengalami kesulitan menemukan makanan halal.

Kayak di Drakor, Icip-icip Jjamppong Asli Korea Kini Ada di Jakarta

Sayang sekali jika Anda melewatkan hidangan dari negara yang kaya akan beragam jenis kuliner tersebut. Membentang dari utara hingga selatan dan dikelilingi Laut Timur, Laut Selatan dan Laut Barat, membuat Korea memiliki makanan berlimpah, seperti gandum, daging, boga bahari dan sayur.

Lebih dari 140 ribu muslim tinggal di Korea, dan jumlah wisatawan muslim terus meningkat dari tahun ke tahun. Untuk itu, Korea Tourism Organization (KTO) mengeluarkan daftar rekomendasi restoran halal di Korea. Berikut ini di antaranya.

Hawkers Street, Destinasi Kuliner Baru di Jakarta Utara

Hangwachae

Terletak di kawasan Myeong-dong atau Jongno, yang memiliki tujuan wisata favorit seperti jalan Insa-dong, Istana Gyeongbokgung, dan Desa Bukchon Hanok, restoran ini yang menyediakan makanan prasmanan sayuran bergaya Korea. Mereka menyajikan beragam hidangan dengan nasi yang terbuat dari bahan oriental, sayur dan buah. Mereka juga membatasi penggunaan MSG.

Tips Mencari Makanan Halal saat Berada di Luar Negeri

Hangwachae
Gwanhun-dong 30-9, Jongno-gu, Seoul
Transportasi: Subway Line 3, Stasiun Anguk Exit 6
Telp: 02-720-2802
Harga: mulai dari Rp139 ribu

Chunja Daegutang

Restoran yang terletak daerah di Hongdae atau Universitas Hongik ini terkenal akan hidangan ikan cod. Restoran ini juga tidak menggunakan MSG. Jika memesan daegu-jeongol, cobalah dengan memesan al-mari atau omelet gulung.

Chunja Daegutang
Seogyo-dong 375-5, Mapo-gu, Seoul
Transportasi: Subway Line 2, Stasiun Hongik University Exit 1
Telp: 02- 334-5787
Harga: mulai dari Rp 58ribu

Baengnyeonok

Terletak di salah satu lokasi paling terkenal, Gangnam, wisatawan bisa menikmati berbagai jenis pertunjukan di Seoul Arts Center. Salah satu restoran halal di daerah ini adalah Baengnyeonok. Restoran ini memiliki spesialisasi hidangan tofu dengan beragam jenis olahan. Seperti kongbiji baekban, yaitu hidangan yang terdiri dari pasta kacang, semangkuk nasi dan hidangan pendamping.

Baengnyeonok
Seocho 3-dong 1450-6, Seocho-gu, Seoul
Transportasi: Subway Line 3, Terminal Bus Nambu, Exit 5
Telp: 02-523-2860
Harga: mulai dari Rp93 ribu

Loving Hut

Restoran ini menyediakan makanan vegetarian Korea, di mana hidangan disiapkan tanpa olahan susu atau telur. Jadi restoran ini akan cocok bagi mereka yang menjalani diet vegan. Restoran ini juga tidak menggunakan tambahan MSG pada makanannya.

Loving Hut
Bojeong-dong, Giheung-gu, Yongin, Gyeonggi-do
Transportasi: Subway Bundang line, Stasiun Jukjeon, Exit 2
Telp: 031-889-4860
Harga: Mulai dari Rp 174 ribu

Hajinine

Ini adalah salah satu restoran yang terkenal akan kerang panggang. Mereka juga menyajikan udang rebus, godong atau siput rawa, juga kimchi sebagai hidangan sampingan.

Hajinine
Jung2-dong 521, Haeundae-gu, Busan
Transportasi: Subway Line 2, Stasiun Jangsan, Exit 9
Telp: 051-702-4092
Harga: Mulai dari Rp291 ribu

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya