Tujuh Makanan yang Ampuh Tingkatkan Energi Sehari-hari

Ilustrasi kacang almond
Sumber :
  • Pixabay/Unsplash

VIVA.co.id – Tinggal di perkotaan dengan aktivitas yang padat seringkali membuat kebanyakan orang mudah lelah dan lesu. Untuk itu, penting untuk menjaga asupan makanan yang seimbang agar mampu mengembalikan tenaga.

6 Takjil Rendah Kalori Untuk Menjaga Berat Badan Ideal

Beberapa ahli gjzi mengatakan, ada beberapa makanan yang sering dijuluki ‘super food’ atau ‘makanan super’, karena memberikan lebih banyak manfaat bagi tubuh. Makanan-makanan tersebut mengandung vitamin, mineral, antioksidan, dan serat yang dibutuhkan tubuh sehari-hari.

Nah, diantara banyaknya makanan itu, ada tujuh yang ampuh mengembalikan energi Anda. Berikut ini daftarnya, seperti dilansir dari laman Life Hack.

5 Tips Jitu Menurunkan Berat Badan Saat Puasa

Almond

Almond merupakan sumber protein nabati dan serat yang akan menjaga energi Anda tetap tinggi sepanjang hari. Selain itu, perpaduan unik dari vitamin B dan E serta mineral seperti magnesium dan besi adalah cara yang bagus untuk melawan kelelahan, tidak peduli seberapa berat aktivitas Anda.

6 Menu Buka Puasa Sehat Ini Bikin Energi Penuh, Cegah Diabetes & Hipertensi!

Paprika

Paprika juga dinilai mampu meningkatkan semangat ketika dikonsumsi. Disamping itu, mereka juga memberikan beberapa manfaat kesehatan. Senyawa seperti capsaicin, sebagai sumber rasa pedas juga membantu meningkatkan sirkulasi dalam tubuh

Sayuran hijau

Sayuran hijau seperti bayam, arugula, lobak Swiss, dan kale sangat baik untuk penderita anemia. Sayuran hijau ini tidak hanya kaya akan zat besi untuk membantu membangun sel-sel darah merah Anda, mereka juga tinggi vitamin C, sehingga memudahkan bagi tubuh Anda untuk menyerap zat besi tersebut.

Rempah-rempah

Rempah-rempah seperti jahe atau kunyit akan menambah semangat serta membuat Anda lebih sehat. Bahan aktif yang terkandung di dalamnya, termasuk kurkumin dan gingerolis, membantu mengurangi peradangan dan mencegah banyak penyakit dengan memperkuat sistem kekebalan tubuh, yang dapat menyebabkan kelelahan dari waktu ke waktu.

Pisang

Pisang ialah cara yang cepat dan sederhana untuk mendapatkan hidup sehat tanpa banyak usaha. Pisang juga kaya serat yang akan menjaga kadar gula darah Anda konsisten sepanjang hari, dan mengandung kalium yanng mampu menjaga semangat Anda.

Quinoa

Quinoa

Quinoa adalah alternatif yang bagus untuk masakan seperti pasta yang tingkat karbohidrat tingginya dapat membuat Anda merasa lesu dan lelah. Biji-bijian ini yang sebenarnya cukup rendah karbohidrat dan menyediakan beberapa protein vegetarian berkualitas tinggi yang bagus untuk menjaga energi. Nutrisi seperti vitamin B-kompleks, magnesium, potasium, dan zat besi juga ampuh melawan kelelahan.

Biji chia

Seperti quinoa, biji chia memberikan energi dengan menyediakan protein berkualitas tinggi tanpa karbohidrat berlebih atau lemak yang tidak sehat. Selain itu, makanan ini juga baik untuk menjaga gula darah tetap stabil. Sifat kelelahan dalam tubuh akan diatasi dengan kehadiran vitamin B5. Karena dapat menyerap banyak cairan, maka mereka juga mampu membantu mencegah kelelahan terkait dehidrasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya