Menelusuri Kisah Hidup Lintas Dekade dalam Buku Tere Liye

Buku Tere Liye
Sumber :
  • Diza Liane Sahputri/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Penulis Tanah Air, Tere Liye, kembali melahirkan sebuah karya dari tulisannya. Bukan sekedar kisah biasa, novel terbarunya berjudul Tentang Kamu akan menyuguhkan alur cerita yang dramatis, penuh teka-teki, sekaligus mudah dipahami.

Permintaan Mantan Istri Hotma Sitompul sampai Pengakuan Jennifer Dunn

Buku ini, bercerita tentang sebuah perjalanan hidup seseorang dimulai dari sejak lahir hingga meninggal, selama 76 tahun. Seseorang itu bernama Sri, yang menghabiskan sisa hidupnya hingga meninggal di Panti Jompo di sebuah kota di Paris. Sampai akhir hayatnya, Sri mewariskan kekayaannya hingga Rp 19 triliun.

Meski terdengar seperti sebuah biografi hidup, namun, keunikannya dapat dilihat dari si tokoh utama, yakni yang membawa kita mendalami alur kisah ini dari kacamata miliknya. Sang tokoh utama, seorang pemuda bernama Zaman yang berprofesi sebagai seorang mahasiswa Universitas Oxford yang menjadi junior associate di firma hukum ternama di London.

Penulis Tere Liye Jadi Sorotan Pengguna Twitter, Kenapa?

Tanpa disangka, ia harus mendapatkan kasus dari penyelesaian pembagian warisan milik Sri, yang kekayaannya menyaingi harta milik Ratu Inggris. Sayangnya, data yang minim mengenai kehidupan Sri Ningsih, membuat sang pemuda harus menelusuri jejak wanita itu dari awal kehidupannya melalui buku harian milik Sri.

"Titik awal dari investigasi tokoh Zaman adalah pulau Bungin, Sumbawa," ujar Tere, dalam peluncuran Novel Terbaru Tentang Kamu, di kawasan Senayan, Jakarta, Selasa 25 Oktober 2016.

Rembulan Tenggelam di Wajahmu Difilmkan, Tere Liye: Saya Penasaran

Dalam novel ini, Tere mengisahkan, bagaimana kesulitan yang dialami oleh Zaman untuk mencari orang yang masih hidup dan mengingat kejadian yang berlangsung pada tahun 1940-an, tahun kelahiran Sri. Untungnya, meski sempat menyerah, Zaman menemukan satu per satu informan yang bisa ia mengingat rangkaian kisah di tiap tahunnya, dan itu membawa Zaman menjelajahi berbagai tempat, kota dan negara, di tempat Sri pernah menghabiskan waktunya.

Mulai dari Sumbawa, Surakarta, Jakarta, London, Paris dan banyak tempat lainnya yang memiliki sejarah yang berkaitan dengan Sri. Dengan informasi mengenai ahli waris yang muncul untuk kemudian menghilang lagi, Zaman mempelajari banyak hal tentang klien yang harta warisannya luar biasa besar ini.

Hingga akhir hayatnya, Sri tetap dihantui oleh masa lalu yang menyakitkan yang terus mencoba menorehkan luka di hatinya. Lalu, berhasilkah Zaman menemukan ahli waris yang tepat? Apa saja yang ditemukan Zaman sepanjang pencarian teka teki itu? Apa sebetulnya masa lalu menyakitkan milik Sri?

Novel Tentang Kamu milik penulis yang bernama asli Darwis ini, akan segera diterbitkan pada 27 Oktober mendatang di seluruh toko buku di Indonesia. Tidak hanya itu, novel ini juga telah dibuat dalam naskah berbahasa inggris, yang sudah bisa dibaca melalui aplikasi Scoop mulai hari ini, Selasa 25 Oktober 2016.

Buku Tere Liye

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya