Ibu-ibu, Ini Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder

Ilustrasi baking soda.
Sumber :
  • Pixabay/evitaochel

VIVA.co.id - Bagi mereka yang baru dalam dunia masak-memasak, terkadang masih sulit untuk membedakan kegunaan atau manfaat baking soda dan baking powder. Wajar saja, dari bentuk dan nama keduanya hampir mirip dan digunakan untuk keperluan yang sama.

Cara Tepat Menyimpan dan Mengolah Rempah

Namun, jika digunakan terpisah, Anda perlu mengetahui apa perbedaan antara keduanya. Karena jika tidak, bisa jadi makanan yang sudah susah payah Anda buat menjadi gagal.

Agar tidak bingung, berikut penjelasan mengenai perbedaan baking soda dan baking powder, seperti dilansir dari laman Real Simple.

Baking soda

Cara Mudah Bikin Blender dan Mikser Tahan Lama

Menurut seorang juru masak, Susan Reid, baking soda berbahan dasar mineral yang ketika dikombinasikan dengan sesuatu yang mengandung asam akan memproduksi senyawa karbondioksida.

"Biasanya ini terjadi pada cairan, Anda akan melihat gelembung-gelembung," kata Reid.

Baking soda biasanya digunakan sebagai pengembang adonan.

Wajib Tahu, 10 Trik Memasak Mudah dan Bebas Repot

"Masakan yang menggunakan baking soda biasanya akan berwarna agak gelap dan lebih renyah ketimbang masakan yang tidak menggunakan baking soda," ujar Reid.

Perlu diingat bahwa terlalu banyak baking soda dalam makanan akan membuatnya menjadi lebih pahit.

Selain untuk memasak, baking soda juga bisa digunakan sebagai bahan pembersih noda. Membersihkan saluran air yang tersumbat hingga menghilangkan bau pada kain lembap dapat diakukan dengan menggunakan baking soda. Baking soda juga mampu bertahan selama bertahun-tahun selagi tidak tersentuh oleh air dan disimpan di tempat kering dan sejuk.

Baking powder

Baking powder pada dasarnya adalah baking soda yang sudah dicampur dengan kandungan asam tertentu. Tidak seperti baking soda, baking powder tidak akan menghasilkan karbondioksida selama tidak terkena air.

Baking powder juga akan kehilangan manfaatnya jika tidak disimpan di tempat sejuk dan kering. Biasanya baking powder terdiri dari dua jenis yaitu single acting dan double acting. Single acting hanya memberi reaksi saat dicampur dengan air, sedangkan double acting akan bereaksi saat diberi air dan bertemu dengan suhu panas.

Ilustrasi membuat kue

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya