Media Sosial Bisa Menunjang Pendidikan

Kopi darat diskusi pendidikan di Kantor Kemendikbud
Sumber :
  • VIVA.co.id/Al Amin

VIVA.co.id – Media sosial kini sudah terintegrasi ke dalam hampir semua aspek kehidupan modern, Teknologi Informasi (TIK) mengubah bagaimana orang bekerja, bersosialisasi dan berkomunikasi, termasuk dalam mempengaruhi anak dalam belajar.

Heboh Uang Jajan Anak Artis, Arie Untung dan Fenita Arie Terapkan Kesederhanaan

Plt. Kepala Pusat Kurikulum dan pembukuan, Prof Nizam mengatakan pada bidang pendidikan media sosial juga memiliki potensi untuk mendukung proses belajar mengajar dan meningkatkan mutu pembelajaran.

"Contohnya, seorang guru bisa menggunakan fasilitas media sosial (medsos) Facebook untuk menyampaikan pelajarannya," kata Prof Nizam dalam Kopi darat diskusi pendidikan di Kantor Kemendikbud, Jakarta Pusat, Rabu, 9 November 2016.

Mendidik Generasi Tangguh: Tips Dokter Aisah Dahlan Cegah Anak Terjerumus Liberalisme

Mengajar dengan menggunakan Media sosial juga memberikan ilmu kepada murid untuk memiliki pengetahuan dan keterampilan digital yang mereka butuhkan pada abad ke-21.

"Dengan bisa mengoperasikan media sosial mereka juga belajar banyak tentang teknologi yang pastinya akan bermanfaat buat ketrampilan mereka menghadapi era globalisasi," ucap Nizam.

Prabowo: Saya Atas Nama Prabowo-Gibran Minta Maaf kepada Pak Anies dan Pak Ganjar

Meski begitu, terdapat tantangan untuk memadukan media sosial dalam bidang pendidikan, terlepas dari manfaatnya, media sosial juga memberikan dampak negatif bagi pendidikan.

"Tapi guru-guru dan murid-murid biasanya lebih banyak menggunakan medsos untuk hal administrasi dibandingkan untuk tujuan pendidikan," katanya.

Menkominfo, Budi Arie Setiadi usai mendampingi Presiden Jokowi bertemu CEO Apple

Setelah Apple, Menkominfo Janji Boyong Bos Microsoft dan Nvidia ke Indonesia

Setelah CEO Apple Tim Cook, Menkominfo Budi Arie Setiadi berjanji membawa petinggi perusahaan teknologi lainnya untuk berkunjung ke Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024