Empat Cara Seru Memasak Ikan Salmon

Ilustrasi daging ikan salmon
Sumber :
  • Pixabay/cattalin

VIVA.co.id – Ikan putih dengan daging yang lembut terkadang susah-susah gampang untuk diolah. Namun, tidak demikian dengan salmon. Meskipun tidak begitu sulit, butuh teknik khusus untuk bisa menyajikan salmon yang lezat.

5 Rekomendasi Makanan untuk Ibu Menyusui Agar ASI Lancar

Bagaimana caranya? Berikut diantaranya, seperti dilansir dari laman Mashed.

Direbus

Tips Simpan Bawang Biar Awet, Masak Sahur dan Buka Puasa Jadi Sat Set

Jangan pernah merebus salmon dengan air tawar karena Anda tidak akan bisa memberi cita rasa pada salmon tersebut. Coba tambahkan beberapa siung bawang putih, potongan lemon dan thyme ke dalam air rebusan salmon. Bahan-bahan tadi akan menaikkan cita rasa salmon.

Caranya adalah dengan memanaskan air yang sudah diberi bumbu selama sekitar lima menit. Masukkan salmon ke dalamnya. Jika sudah matang, tiriskan dan taburi salmon dengan garam, lada dan thyme kering. Anda bisa mengkreasikan bumbu untuk merebus salmon, namun jangan lupa disarankan untuk tetap mempertahakan lemon atau zat asam lainnya untuk mengeluarkan aroma salmon.

Kisah Perjuangan Delly Clarissa, dari Ibu Muda Biasa Jadi Konten Kreator

Dibakar

Membakar ikan tidak selamanya mudah. Setiap ikan memiliki tingkat kematangan berbeda, termasuk salmon. Beberapa orang mengatakan, bahwa kulit ikan harus dibuang sebelum dibakar, namun kenyataannya tidak demikian.

Ketika Anda memanggang ikan, kulit ikan merupakan bagian yang renyah dan akan menambah kekayaan rasa ikan. Pastikan Anda memarinasi atau merendam ikan terlebih dahulu di dalam air berbumbu sebelum dibakar. Ini akan menjaga salmon tetap lembab meksipun sudah dipanaskan di atas panggangan.

Letakkan salmon tepat di atas arang. Jangan ditutup dan panggang sisi lainnya setelah tiga menit dan lanjutkan dengan mematangkannya selama tiga menit.

Ilustrasi ikan salmon

Digoreng

Menggoreng adalah salah satu cara sederhana untuk mengolah ikan, namun Anda harus hati-hati agar ikan yang Anda masak tidak gosong. Biasanya banyak yang meninggalkan ikan yang sedang digoreng beberapa saat, namun jika terlalu lama, hasil gorengan ikan akan menjadi kering dan pecah-pecah, terutama untuk ikan fillet.

Untuk menggoreng salmon dengan benar, panaskan wajan terlebih dahulu dengan api sedang selama empat menit. Oles salmon dengan minyak zaitun dan goreng. Besarkan api secara perlahan dan masak selama tiga menit.

Menaikkan suhu api akan membuat ikan menjadi lebih renyah di bagian luar, namun tetap empuk di bagian dalam. Ketika selesai dimasak, taburi dengan garam dan lada. Balik dan goreng sisi lain selama tiga menit, lalu angkat.

Dipanggang

Pastikan Anda sudah memarinasi atau membumbui ikan terlebih dahulu. Sebelum dipanggang jangan lupa mengoleskan ikan dengan madu, bawang putih dan kecap. Untuk mendapatkan rasa salmon yang sempurna, Anda bisa merendam salmon selama satu malam.

Posisikan salmon dengan bagian kulit di bawah.di atas nampan pemanggang. Jika ingin memanggang ikan tanpa kulitnya, buang terlebih dahulu sebelum dipanggang. Panaskan oven hingga suhu 230 Celsius dan panggang selama 15 menit. Salmon akan berubah warna menjadi oranye ketika matang secara sempurna.

Ilustrasi ikan salmon

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya