Menilik Daftar Makanan yang Ampuh Tingkatkan Kesuburan

Ilustrasi es krim.
Sumber :
  • Pixabay/picjumbo_com

VIVA.co.id – Jika terdapat banyak aturan makan wanita hamil, percaya atau tidak, ada pula aturan makan yang bisa membantu Anda agar cepat mendapatkan momongan. Ya, beberapa makanan tertentu dapat memengaruhi kesuburan Anda. Berikut diantaranya, seperti dilansir dari laman Parents.

Sederet Tips Jitu untuk Turunkan Berat Badan Setelah Lebaran

Kacang-kacangan

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Harvard School of Public Health, kacang-kacangan dapat meningkatkan kesuburan. Dalam studi yang melibatkan 19.000 wanita yang mencoba untuk hamil, mereka yang memiliki kadar asupan protein hewani tinggi memiliki tingkat kesuburan 39 persen lebih rendah ketimbang mereka yang mengonsumsi protein nabati.

6 Takjil Rendah Kalori Untuk Menjaga Berat Badan Ideal

Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda ingin menjaga kesuburan dan ingin segera mempunyai momongan jagalah asupan gizi Anda terlebih dahulu.

Es krim

5 Tips Jitu Menurunkan Berat Badan Saat Puasa

Nurses' Health Study menunjukkan bahwa satu atau dua porsi produk susu murni (termasuk es krim) mampu menjaga kesuburan rahim. Dan sebaliknya, susu skim atau rendah lemak justru memberikan efek sebaliknya.

Jorge E. Chavarro M.D.,Sc.D., asisten profesor gizi dan epidemiologi Harvard School of Public Health berpendapat bahwa mengurangi lemak pada susu berpengaruh terhadap hormon seks. Ia menyarankan untuk mengonsumsi susu full-fat ketimbang low-fat.

Sayuran hijau

Bayam, brokoli dan sayuran berwarna hijau gelap lain kaya akan folat, vitamin B yang diketahui mampu meningkatkan kesuburan. Pastikan suami Anda juga mengonsumsi sayuran ini agar kualitas spermanya meningkat dan mengurangi risiko keguguran dan masalah genetik pada bayi.

University of California Berkeley's Public School of Health melakukan survei terhadap 97 pria tidak merokok yang tidak memiliki masalah kesuburan. Dari survei tersebut, ditemukan bahwa kadar sperma abnormal pria yang banyak mengonsumsi vitamin menurun sebanyak 20 persen.

Biji labu

Biji labu kaya akan zat besi non-heme, Sebuah penelitian menunjukkan bahwa wanita yang mengonsumsi suplemen zat besi non-heme memiliki risiko gangguan untuk hamil 40 persen lebih rendah ketimbang mereka yang tidak mengonsumsinya sama sekali.

Roti gandum utuh

Karbohidrat kompleks dicerna lebih lama oleh perut dan akan menjaga gula darah dan kadar insulin Anda tetap stabil. Peningkatan insulin bisa mengganggu hormon reproduksi. Konsumsilah roti gandum ketimbang roti tawar.

Minyak zaitun

Minyak zaitun adalah lemak tunggak tak jenuh yang membantu untuk meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi inflamasi di seluruh tubuh. Sebaiknya ganti minyak Anda dengan minyak zaitun agar lebih sehat

Minyak zaitun

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya