Menguak Lima Mitos Tentang Sushi

Sushi.
Sumber :
  • Pixabay/ADOnlinePromo

VIVA.co.id – Sushi adalah salah satu makanan Jepang yang sudah mendunia dan tidak sedikit yang menjadikannya makanan favorit.

Pemegang Saham Restoran Sushi Tempuh Jalur Pengadilan Agar RUPSLB Digelar

Namun tahukah Anda, banyak mitos-mitos yang beredar seputar sushi dan mungkin Anda sudah pernah mendengar beberapa di antaranya. Diketahui setiap jenis sushi juga memiliki mitos sendiri. Berikut beberapa mitos seputar sushi seperti dikutip dari laman Grunge.

Pantang Pesan Sushi di Hari Senin

Rekomendasi 5 Restoran Sushi PIK yang Enak dan Tempatnya Estetik!

Diceritakan bahwa dikarenakan satu dan lain hal, ikan-ikan segar bisa didapatkan oleh restoran hanya di hari Selasa dan Rabu sehingga jika Anda mencicipi ikan di hari Minggu atau Senin ikan yang Anda makan bukan ikan segar.

Penjelasan di atas masuk akal karena distribusi ikan tidak semudah zaman sekarang. Namun saat ini tentu Anda bisa memesan sushi kapan saja karena gerai sushi Anda pasti sudah tahu bagaimana membuat ikan tetap segar.

Restoran Jepang Ini Jual Sushi Terkecil di Dunia, Hanya dengan Satu Butir Nasi

Semakin segar, Semakin Nikmat

Kenyataannya tidaklah demikian. Kebanyakan ikan segera diawetkan ketika sudah ditangkap dengan cara dibekukan bahkan saat di kapal. Tidak hanya mengawetkan, cara ini juga membantu membunuh parasit yang ada pada ikan. Para ahli sushi juga tahu bahwa ikan yang sudah 'berumur' bukan suatu hal buruk karena umur juga memberikan rasa khas pada suhsi.

Wasabi Membunuh Bakteri

Penelitian ilmiah membuktikan bahwa wasabi asli Jepang membunuh secara efektif bakteri H.pylori penyebab masalah pencernaan. Secara historis, wasabi dulunya digunakan untuk membunuh bakteri tertentu. Namun sayangnya, Anda tidak mendapatkan wasabi asli-benar-benar asli di restoran karena wasabi sangat mahal dan sulit dikembangkan. Kebanyakan wasabi yang ada di restoran-restoran dibuat dari tanaman lain dan diberi pewarna makanan.

Wasabi Harus Dicampur dengan Soya

Tidak demikian kenyataannya karena hal tersebut justru membuat fungsi wasabi sebagai pembunuh bakteri tidak lagi berfungsi. Lebih baik oleskaan wasabi pada sushi ketimbang mencampur wasabi dengan soya.

Sushi = Ikan Mentah

Mungkin Anda sudah mendengar banyak hal mengenai sushi, salah satunya ikan mentah. Dilansir laman Grunge, sushi adalah jenis nasi khusus yang disajikan dingin dengan rasa cuka yang melekat padanya dan ikan adalah garnis. Jika Anda memang ingin ikan mentah, pesanlah sashimi.

Salah satu menu di Sushigroove

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya