Heboh Perubahan Desain dan Bentuk Cokelat Toblerone

Cokelat batangan toblerone
Sumber :
  • Instagram @noveha

VIVA.co.id – Belum lama ini, para penggemar cokelat di Inggris heboh di media sosial. Itu terjadi karena salah satu produk cokelat batangan klasik di dunia, Toblerone mengubah desain dan bentuk cokelat mereka yang dijual di negara tersebut.

Meninggal Dunia, Ini Profil Bernard Hill Aktor Pemeran Lord of the Rings dan Titanic

Bagi Anda yang belum tahu, Toblerone merupakan merek cokelat batangan yang dibuat oleh Kraft Foods Switzerland. Produk cokelat satu ini dikenal karena bentuknya yang segitiga, melambangkan Matterhorn di pegunungan Alpen. Bungkusnya yang berwarna kuning kecoklatan dibuat oleh Theodore Tobler dan Emil Baumann di Bern, Swiss tahun 1907.

Selain cokelat, produk ini mengandung nougat, almond dan madu. Namanya sendiri didapat dari gabungan nama Tobler dan torrone (sejenis nougat).

Deretan Kampus Bergengsi di Inggris Gelar Kemah Pro-Palestina

Kembali ke perubahan bentuk Toblerone yang menghebohkan masyarakat Inggris. Cokelat batangan versi baru yang dikeluarkan merek ini memang masih berbentuk segitiga, namun jauh lebih sedikit dibandingkan versi lamanya.

Hal tersebut pun membuat para penggemar kecewa. Mereka lantas mengungkapkan kekecewaan dan kemarahan mereka melalui media sosial.

Pangeran William Bagikan Kabar Terbaru Kate Middleton dan Anak-Anaknya

"Perubahan desain cokelat batangan ini memalukan, didesain untuk menipu orang, berpikir mereka membeli cokelat dengan kuantitas yang sama seperti biasa (ukuran kemasan sama, tapi berat cokelatnya lebih ringan)," ujar salah seorang netizen, dikutip dari Food Beast.

Lalu, mengapa Toblerone mengubah bentuk cokelatnya yang ikonik?

Menurut pengumuman resmi di laman Facebook Toblerone, keputusan itu diambil lantaran adanya peningkatan biaya bahan-bahan pembuatnya dan produksi.

"Ini karena kami selalu bekerja keras untuk memastikan kami menawarkan value of money terbaik pada konsumen kami. Namun, seperti banyak perusahaan lain, kami mengalami kenaikan biaya untuk berbagai bahan-bahan,” demikian pernyataan resmi yang dirilis di akun Facebook mereka.

"Kami berusaha mengatasinya selama mungkin, tapi untuk memastikan Toblerone tetap ada di pasaran, memiliki harga terjangkau dan tetap mempertahankan bentuk segitiganya, kami harus mengurangi berat dua produk cokelat batangan kami di Inggris dari beragam varian produk Toblerone,” tulis mereka melanjutkan.

Dilansir dari New York Times, produk aslinya sendiri memiliki berat sekitar 170 gram dan 400 gram. Sedangkan versi baru produk cokelat tersebut beratnya menjadi 150 gram dan 360 gram.

Meski kemasannya terlihat benar-benar sama dengan versi lama, namun bagian dalamnya, yakni bentuk cokelatnya benar-benar berubah menjadi lebih sedikit. Sementara, harganya sendiri sama dengan harga sebelumnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya