Aneka Tren Diet Aneh di Masa Lalu

Perut.
Sumber :
  • Pixabay/PublicDomainPictures

VIVA.co.id – Mendapatkan tubuh dan berat badan ideal adalah impian banyak orang. Berbagai cara dilakukan salah satunya dengan diet. Kebiasaan diet tidak hanya populer di zaman ini tetapi sudah dari zaman dahulu. Tentunya cara diet tersebut berbeda dengan yang kebanyakan dilakukan saat ini.

Gegara Obesitas dan Tak Bisa Diet, Pria Sadis Dibebaskan dari Penjara

Berikut beberapa diet yang dikutip dari laman Lifehack di bawah ini, terdengar cukup asing bahkan sangat tak lazim.

Diet cuka dan air

Cerita Kak Seto Jadi Gelandangan, Pemulung dan Tidur di Tempat Sampah

Diet ini pertama kali diperkenalkan oleh seseorang bernama Lord Byron tahun 1820-an. Diet ini pada dasarnya mengganti makanan yang biasa Anda nikmati dengan cuka dan satu cangkir teh dan telur mentah setiap hari agar jiwa dan raga tetap bersatu. Tidak hanya untuk mengurangi berat badan dan obsesi Byron terhadap penampilan fisiknya. Pujangga ini dikenal sebagai vegetarian dan terkadang ia hanya mengonsumsi biskuit dan wine putih selama beberapa minggu.

Diet rokok

Cerita Masa Lalu, Abdel Achrian Pernah Gunakan Putaw hingga Sabu

Nikotin dipercaya mampu mengurangi kualitas nafsu makan (biasanya orang akan mudah mengalami kenaikan berat badan setelah berhenti merokok). Diet ini populer tahun 1920-an khususnya saat kampanye rokok bermerek. Ide ini kemudian cukup populer dijadikan sebagai cara diet masa itu.

Diet cacing pita

Terdengar luar biasa dan menjijikkan, diet ini dimulai awal abad 20-an. Masa itu cacing pita laku keras di pasaran dalam bentuk pil, namun pada akhirnya konsumsi cacing ini dilarang karena risikonya bagi kesehatan.

Di satu sisi, cacing ini bisa mengurangi berat badan, namun efek samping konsumsi obat ini berbahaya mulai dari nausea, kelelahan hingga demensia dan meningitis. Meskipun dilarang, Anda masih bisa menemukan peternakan cacing pita di Meksiko dan Afrika.

Diet arsenik

Di akhir abad 19 menuju abad 20, ditemukan sebuah obat yang mampu mengatasi masalah berat badan. Obat ini dibuat oleh para tukang obat palsu yang tidak memiliki pengetahuan media sedikit pun. Obat ini sangat berbahaya karena mengandung zat arsenik.

Bahkan iklan obat tersebut menyebutkan bahwa 'obat' itu bisa meningkatkan metabolisme hingga mengurangi lemak tubuh. Dosisnya memang rendah namun arsenik cenderung berakumulasi dalam tubuh dan bisa menimbulkan gejala yang lebih berbahaya bahkan kematian. 

Diet bobo cantik

Diet ini cukup populer tahun 60 hingga 70-an, Elvis Presley dikabarkan sebagai salah satu yang melakukan diet ini. Ide utamanya adalah Anda tidak makan apapun saat Anda tidak terjaga alias tidur. Jadi, intinya adalah Anda harus tidur sebanyak mungkin. Para pelaku diet ini biasanya tidur hingga berhari-hari dengan bantuan obat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya