Wajib Coba, Yoghurt Biji Jali Sehat Buatan Rumahan

Ilustrasi yoghurt
Sumber :
  • Pixabay/kaboompics

VIVA.co.id – Yoghurt, salah satu olahan susu fermentasi ini kian digemari, mulai dari kalangan muda bahkan yang tidak lagi muda sekali pun. Makanan ini diketahui baik untuk proses pencernaan dan sangat membantu mereka yang sedang melakukan program diet.

6 Takjil Rendah Kalori Untuk Menjaga Berat Badan Ideal

Namun, sebuah studi yang dilakukan oleh tim peneliti dari Universitas Katolik Atma Jaya menunjukkan bahwa jika yoghurt dicampur dengan bubur biji jali manfaatnya akan menjadi lebih baik, terutama bagi mereka penderita Diabetes Melitus Tipe 2.

Bagi Anda yang belum tahu, biji jali sendiri merupakan merupakan sejenis tumbuhan biji-bijian (serealia) tropika dari suku padi-padian atau poaceae.

5 Tips Jitu Menurunkan Berat Badan Saat Puasa

"Kami melihat ekstra biji jali ternyata mengandung serat larut dan serat tak larut yang dapat membantu pertumbuhan bakteri baik di saluran pencernaan," kata dr. Nanny Djaja Ms. Sp GK selaku ketua peneliti saat memaparkan penelitiannya di acara Half-Day Conference & Grant Awarding oleh Nutrifood Research Center di kawasan Jakarta Pusat, Kamis, 17 November 2016.

Cara membuat yoghurt ini cukup mudah. dr. Nanny menyarankan untuk menggunakan plain yoghurt (tanpa perisa). Untuk biji jali, lebih baik menggunakan biji jali Medan ketimbang biji jali impor karena kualitasnya berbeda.

6 Menu Buka Puasa Sehat Ini Bikin Energi Penuh, Cegah Diabetes & Hipertensi!

Rendamlah biji jali selama satu malam terlebih dahulu, kemudian rebus hingga lunak keesokan harinya. Setelah direbus, dinginkan.

Jika tidak ingin rasa yang hambar, dr. Nanny menyarankan penggunaan sedikit pemanis atau sirup jenis aspartam. Komposisi yoghurt dan biji jali adalah tiga sendok makan biji jali rebus dan 100 cc plain yoghurt.

"Lebih baik jika dikonsumsi dua kali sehari, siang dan malam," kata dr. Nanny.

Konsumsi yoghurt biji jali ini baik untuk menjaga kadar kolesterol dan gula darah pada tubuh. Selain itu, karena kandungan serat biji jali akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga dapat dijadikan opsi untuk membantu Anda mengatasi kelebihan berat badan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya