Cari Buah Semangka Sempurna, Perhatikan Hal Ini

Buah semangka.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Semangka termasuk buah tropis yang menyegarkan. Selain mengandung banyak air, buah yang satu ini juga punya banyak nutrisi, yang berguna bagi kesehatan.

7 Manfaat Buah Semangka dengan Segudang Nutrisi Baik untuk Tubuh

Tidak hanya itu, buah yang memiliki rasa manis ini juga disukai oleh hampir setiap kalangan, baik oleh anak-anak melainkan orang dewasa. Semangka juga kerap dijadikan jus, atau dipotong dadu untuk dijadikan salah satu bahan untuk salad.

Tapi, tentu tidak setiap semangka yang dijual di pasar memiliki kualitas yang baik. Ada beberapa kondisi yang harus diperhatikan, ketika membeli semangka. Tentunya hal ini agar tak kecewa ketika dipotong di rumah. Seperti dilansir dari Brightside, berikut ini hal yang harus diperhatikan untuk mendapatkan kualitas semangka yang baik:

Semangka Tak Boleh Dikonsumsi di Malam Hari? Ini Kata Dokter

Besar dan tidak berat

Buah semangka yang memiliki kualitas yang sempurna, ialah buah yang memiliki ukuran yang besar dan tidak berat. Buah yang baik adalah buah yang besar dan berisi dan padat.

Semangka Bisa Turunkan Tekanan Darah, Ini Cara Konsumsinya

Bergemericik ketika diguncangkan

Sebagai buah yang mengandung banyak air, semangka akan bergemericik ketika diguncangkan. Ini adalah salah satu tanda bahwa semangka itu baik untuk dikonsumsi.

Berongga ketika ditekan

Seperti dikatakan di awal, buah semangka yang baik ialah buah yang besar namun tidak berat. Hal ini juga berlaku ketika anda menekan buah semangka. Buah semangka yang memiliki kualitas yang baik berongga ketika ditekan.

Tidak ada sayatan di permukaan

Perhatikan juga permukaan semangka ketika membelinya. Karena buah semangka yang baik adalah buah dengan permukaan yang mulus. Ini menyebabkan isi dari semangka tadi tidak terekspos udara luar.

Batangnya kering

Jika buah semangka masih memiliki batang, pastikan batang itu kering. Ini juga tanda buah semangka itu segar dan mampu mengatasi dehidrasi.

Ada bagian berwarna kuning pada permukaannya

Meski kulit luar dari semangka di dominasi oleh warna hijau, pastikan bahwa dari warna hijau tersebut ada bagian yang cukup besar dan berwarna kuning, ini menandakan buah itu telah matang.

Memiliki permukaan cerah

Buah semangka yang segar ialah yang memiliki permukaan yang cerah. Jadi jika membelinya nanti, pastikan periksa permukaannya.

Garisnya terlihat

Permukaan semangka memang salah satu bagian terpenting untuk memastikan kualitas dari buah tropis tersebut. Pastikan garis pada semangka terlihat jelas.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya