Makanan Ini Akan Bikin Anda Bau

Wanita bau badan.
Sumber :
  • U-Report

VIVA.co.id – Kita semua tahu bahwa kita harus banyak mengonsumsi sayuran untuk membuat tubuh semakin kuat dan sehat. Namun, ironisnya sayur yang bisa memberikan peningkatan kualitas hidup, justru memberikan efek sebaliknya, salah satunya membuat Anda menjadi bau.

6 Tips Super Mudah Agar Tetap Wangi Setelah Berolahraga Intensif

Bisa bau badan, mulut, atau bau lainnya. Hal ini, tentu akan membuat Anda menjadi tidak percaya diri bukan? Selain jengkol dan petai, berikut beberapa makanan yang harus Anda waspadai, karena efek baunya, seperti dikutip dari laman Grunge.

Asparagus

Ustaz Solmed Jadi Sorotan Gegara Bau Badannya Terendus saat Jadi Juri, Ternyata Ini Aromanya

Meskipun tergolong sehat, mengonsumsi asparagus bagi sebagian orang membuat urin mereka memiliki bau yang tidak sedap. Hal ini terjadi, karena asparagus memiliki senyawa yang bermetabolis dalam tubuh dan kemudian menghasilkan amonia dan sulfur. Sebenarnya, ini bukan hal yang baru dan sudah ditemukan sejak ratusan tahun lalu. 

Bawang putih

Miris, Istri Ceraikan Suami Gegara Jarang Mandi dan Gosok Gigi

Jika asparagus membuat bau urin tidak sedap, bawang putih akan membuat nafas menjadi tidak sedap. Bawang putih juga bermetabolis dalam tubuh menghasilkan senyawa sulfur dan menghasilkan senyawa allyl methyl sulfida di paru dan baunya akan keluar melalui napas Anda. Bau ini juga bisa bertahan hingga berjam-jam, bahkan setelah Anda menggosok gigi sekali pun.

Alkohol

Minuman beralkohol seperti bir, vodka, wiski dan aneka minuman beralkohol lain terbuat dari tumbuhan dan biji-bijian. Alkohol bisa memberikan dua efek pada aroma tubuh Anda. Ketika Anda mengonsumsi minuman beralkohol, senyawanya akan bereaksi dengan asam dalam tubuh dan sisa reaksinya akan keluar melalui pori-pori tubuh Anda. Tidak hanya pori-pori, bau alkohol juga akan menempel beberapa saat di dalam mulut Anda.

Kopi

Biji kopi pada dasarnya adalah biji dari buah. Salah satu alasan mengapa kopi sangat digemari adalah karena kandungan kafein di dalamnya yang dapat membuat Anda tetap terjaga dan mempercepat proses metabolisme tubuh. Terlalu banyak konsumsi kopi, akan membuat Anda berkeringat, karena sistem metabolisme tubuh bekerja sangat cepat dan asam lambung akan mengganggu proses pencernaan yang bisa menimbulkan gangguan, salah satunya dehidrasi. Dehidrasi akan memicu mulut kering dan napas yang tidak sedap.  (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya