Air Es Ternyata Cocok Diminum Saat Cuaca Dingin

Ilustrasi air dingin/air es
Sumber :
  • Pixabay/ColiN00B

VIVA.co.id – Saat cuaca dingin melanda, kedinginan adalah suatu hal yang biasa terjadi. Namun, Anda tidak akan mau terus terusan kedinginan, bukan?

Bisa Picu Kanker, Ini Biang Kerok Penyebab Tingginya Kadar Bromat dalam Air Minum Kemasan

Selain jaket atau selimut tebal, makanan dan minuman tertentu juga bisa membuat tubuh menjadi lebih hangat. Berikut ini di antaramya, seperti dilansir dari laman Food Beast.

Air es

6 Tips Jaga Stamina Saat Puasa Ramadhan, Jangan Sungkan untuk Olahraga Ringan

Selama ini kita percaya bahwa minuman hangat seperti secangkir cokelat cocok untuk dikonsumsi saat dingin. Namun, suhu dasar tubuh akan mengalami fluktuasi karena mencoba mengatasi efek dari minuman hangat tersebut. Artinya, suhu tubuh justru akan turun setelah meminum satu gelas cokelat panas. Sebaliknya, air es tidak demikian.

Kopi

Jangan Asal Makan Minum, Ustaz Hilman Fauzi Ungkap Ada 4 Adab dalam Berbuka Puasa

Minuman ini memang cocok diseruput saat cuaca atau musim dingin karena kopi akan menaikkan suhu tubuh. Dikonsumsi dingin atau panas efeknya akan sama karena kafein yang membuat suhu tubuh Anda meningkat.

Perlu diingat bahwa sebaiknya Anda tidak menambahkan gula pada kopi karena efek kafeinnya akan hilang dan gula darah Anda akan meningkat.

Kacang

Kacang kaya akan vitamin B3 yang baik untuk peredaran darah dan menstimulasi metabolisme tubuh. Kedua proses ini adalah kunci untuk menghadapi suhu dingin. Dengan kandungan lemak sehat dan protein yang kaya, kacang bisa Anda konsumsi kapan saja bahkan saat cuaca terik.

Lada merah

Bahan ini juga tidak asing dalam membuat tubuh menjadi hangat. Mengonsumsi makanan pedas dapat membuat Anda berkeringat, bukan? Ini terjadi karena kandungan capsaicin yang ada dalam lada.

Minyak kelapa

Seperti kacang, minyak kelapa kaya akan lemak sehat yang bisa menjadi sumber energi bagi tubuh. Lagi-lagi energi tersebut dibutuhkan agar metabolisme tubuh tetap bekerja sehingga tubuh tetap hangat. Selain itu, minyak kelapa juga dikenal baik untuk mengatur kadar gula darah.

Jahe

Bahan ini sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Khasiatnya yang ampuh menghangatkan tubuh juga sudah diketahui masyarakat luas. Jahe akan membuat darah mengalir lebih lancar sehingga tubuh menjadi lebih hangat.

Ilustrasi jahe

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya