Lima Kegunaan Lemon yang Belum Diketahui Orang

Buah lemon.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Buah lemon biasanya digunakan untuk bahan minuman dan makanan, atau dicampur untuk merawat kecantikan. Selain kedua manfaat tersebut, berkat kandungan asam dan baunya yang segar, lemon juga bisa digunakan untuk banyak hal lain.

Air Perasan Lemon Ampuh Cegah Bau Mulut

Ya, lemon juga ampuh untuk memoles perabotan rumah tangga, menghilangkan bau mulut hingga mengusir semut. Tak percaya? Simak daftar kegunaan lemon yang belum diketahui banyak orang, seperti dilansir dari laman Food Beast berikut ini.

Memoles perabot

3 Tips Jaga Udara dalam Ruangan agar Selalu Segar

Salah satu kegunaan lemon adalah untuk membersihkan perabotan rumah Anda, terutama yang berbahan dasar kayu. Kadang papan potong atau talenan misalnya, bisa menjadi bau setelah dipakai untuk waktu yang cukup lama.

Untuk mengatasi hal tersebut cukup peras air lemon di atas permukaan yang Anda ingin bersihkan, lalu lap dengan tisu atau kain. Bau yang menempel akan hilang dan digantikan dengan bau lemon yang segar.

Lakukan 5 Pekerjaan Rumah Tangga Ini, Kurangi Risiko Demensia

Bau mulut

Masalah ini biasanya muncul setelah Anda mengonsumsi makanan yang mengandung bawang atau disebabkan oleh hal lain. Untuk mengatasinya, berkumurlah dengan air perasan jeruk lemon, namun jangan sertakan bijinya.

Asam sitrat pada lemon akan membunuh sisa kuman penyebab bau mulut. Jangan lupa berkumur dengan air putih setelahnya agar gigi Anda tidak rusak akibat air asam.

Mengawetkan alpukat

Alpukat termasuk buah yang sangat mudah berubah warna akibat oksidasi. Agar warna alpukat lebih tahan lama, cukup percikkan air perasan lemon pada potongan alpukat. Air lemon akan mencegah terjadinya proses oksidasi pada buah tersebut.

Perlu diingat bahwa lemon tidak membuat alpukat Anda tahan hingga berhari-hari seteleh dipotong tanpa disantap.

Mengusir semut

Semut bisa muncul di mana dan kapan saja. Dapur adalah bagian yang kerap kali didatangi oleh hewan kecil ini. Untuk mencegah mereka mendekati area dapur atau area lain di rumah, cukup ambil kulit lemon dan letakkan pada tempat yang sering didatangi semut. Semut tidak menyukai aroma lemon yang kuat.

Menghilangkan bau tidak sedap

Anda bisa semprotkan air perasan lemon pada benda-benda atau tempat yang menjadi sumber bau. Anda bisa simpan air lemon pada sebuah botol parfum bekas dan semprotkan airnya kapanpun Anda butuhkan.

Ilustrasi lemon.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya