Khasiat Sehat Memasak dengan Minyak Wijen

Ilustrasi minyak wijen.
Sumber :
  • Pixabay/ Public Domain Pictures

VIVA.co.id – Dalam dunia kuliner, banyak sekali ditemukan berbagai jenis minyak goreng. Mulai dari yang tidak sehat hingga sangat sehat. Tak hanya minyak kelapa atau minyak zaitun, minyak wijen juga dapat Anda jadikan pilihan.

Tips Simpan Bawang Biar Awet, Masak Sahur dan Buka Puasa Jadi Sat Set

Selain digunakan untuk memasak, minyak wijen ternyata juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Berikut sederet manfaat minyak wijen selain untuk kesehatan dilansir laman Reader's Digest.

Kesehatan Mulut

Kisah Perjuangan Delly Clarissa, dari Ibu Muda Biasa Jadi Konten Kreator

Konon, sebelum sikat gigi ditemukan, para pendahulu menggunakan minyak untuk menjaga mulut mereka tetap bersih.

"Berkumur dengan minyak wijen selama 10 menit adalah satu bagian teknik Ayurveda," ujar Jillian Tuchman, MS, dari Reader's Digest New York. "Penelitian menunjukkan bahwa cara ini ampuh mengurangi kadar bakteri dalam mulut dan menjaga agar mulut dan gusi tetap sehat."

6 Rekomendasi Jenis Minyak Goreng untuk Pasien Kolesterol

Baik untuk kulit dan tulang

Minyak wijen memang tidak memiliki kadar nutrisi yang sama dengan biji wijen. Namun ada satu hal yang sama-sama dikandung keduanya yaitu zinc. Tidak hanya baik dalam mengatasi flu dan pilek tetapi zinc juga dikenal baik untuk memproduksi kolagen dan memperkuat tulang.

Mengatasi konstipasi

Selama ini air dan makanan kaya serat dikenal mampu untuk mengatasi konstipasi. Selain kedua makanan tersebut, ternyaat minyak wijen juga mampu mentasi konstipasi.

"Ambil satu atau dua sendok makan minyak wijen untuk dikonsumsi pagi atau malam hari. Minyak ini dapat bertindak sebagai 'pelumats di usus untuk mengatasi konstipasi," uajr Tuchman.

Rambut lebat berkilau

Jika Anda seringkali dikecewakan oleh berbagai produk kesehatan rambut dan tidak mendapat hasil yang diinginkan, mungkin ini saatnya bagi Ada untuk mencoba menggunakan minyak wijen sebagai alternatif lain. Minyak wijen mengandung vitamin B dan E, magnesium, kalsium dan fosfor. Semua nutrisi ini diperlukan untuk emnutrisi rambut dan kulit kepala.

"Pijat kulit kepala dan akar rambut dengan minyak wijen, lalu diamkan selama 30 menit. Bilas dengan air hangat dan sampo," ujar Edwina Clark, selaku head of nutrition dan wellnes di Yummly.com.

Menangkal radikal bebas

Radikal bebas dapat merusak DNA, sel dan protein dalam tubuh. Kerusakan ini dapat memicu berbagai penyakit seperi Parkinson dan kanker. Alkohol, tembakau, pestisida dan polutan udara biasanya megandung radikal bebas. Oleh karena itu, penting untuk mengonsumsi makanan kaya antioksidan untuk menyerang bahaya tersebut.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya