Lima Bahan Sederhana Basmi Bercak Hitam Akibat Jamur

Ilustrasi membersihkan rumah
Sumber :
  • Pixabay/ klimkin

VIVA.co.id – Tidak perlu sulit menciptakan suasana rumah seolah baru kembali. Cukup dengan membersihkan beberapa bagian yang dihinggapi jamur, sehingga rumah akan terasa nyaman dan baru lagi.

Daftar Pilihan Mobil Bekas untuk Keluarga di Bawah Rp 200 Juta

Bercak jamur di beberapa bagian rumah, biasanya disebabkan atap yang bocor, banjir, atau ventilasi yang kurang. Hal itu menyebabkan kelembapan pada area rumah sehingga menimbulkan spot-spot hitam di beberapa bagian rumah.

Spot hitam akibat jamur, paling sering muncul di ruang bawah tanah, bawah pencuci piring dan dapur, bawah atau belakang kulkas, area sekitar air kondisioner, serta bawah karpet. Selain itu, spot hitam jamur biasanya timbul akibat tempelan wallpaper atau kertas di dinding. Hal itu terjadi akibat lem yang menempel akan menjadi makanan lezat bagi jamur di dinding yang akhirnya semakin menyebar.

437 Petugas Haji Indonesia Berangkat ke Tanah Suci, Ini Pesan Kemenag

Dikutip dari laman Fox Health, terdapat cara mudah untuk membasmi spot hitam dari jamur berdasarkan Science Consultants and Technicians.

1. Bleach

Menikah Besok, Keluaraga Rizky Febian Tegaskan Mahalini Sudah Mualaf

Campur satu gelas adonan pemutih dengan air yang cukup hingga mampu mencapai satu galon. Masukan cairan ke dalam botol semprot dan sebarkan ke spot hitam di area di rumah.

2. Boraks

Siapkan satu gelas boraks, lalu campur dengan air sebanyak satu galon. Zat boraks biasanya tidak memiliki bau setajam pemutih. Aplikasikan cairan ke permukaan dan gosok, lalu lap area tersebut dengan kain kering.

3. Hidrogen peroksida

Semprotkan hidrogen peroksida pada permukaan jamur dan diamkan selama 10 menit atau hingga spot hitam berkurang. Lap bagian permukaannya, jangan disiram dengan air.

4. Baking soda

Baking soda memiliki banyak manfaat, salah satunya membasmi spot hitam. Campurkan setengah sendok makan baking soda dengan satu galon air. Gosok area spot hitam lalu siram dengan air.

5. Tea tree oil

Gunakan satu sendok makan tea tree oil dengan satu cangkir air. Aplikasikan cairan tersebut pada spot hitam. Biarkan selama beberapa menit lalu lap dengan kain.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya