Delapan Makanan Ini Dipercaya Membawa Keberuntungan

Ilustrasi buah delima.
Sumber :
  • Pixabay/cocoparisienne

VIVA.co.id – Memasuki tahun baru, banyak harapan baru yang dipanjatkan setiap orang. Besarnya harapan itu membuat orang yang tak percaya ramalan menjadi sedikit percaya prediksi keberuntungan di tahun baru.

7 Lukisan Pembawa Keberuntungan di Dunia, Kata Feng Shui

Tak heran jika banyak hal-hal yang lantas dikaitkan dengan keberuntungan, salah satunya makanan. Berikut daftar makanan yang biasa dikonsumsi untuk membuat tahun baru lebih beruntung seperti dilansir dari laman Times of India.

Anggur

7 Benda Pembawa Keberuntungan yang Ada di Dunia

Menurut kepercayaan masyarakat Spanyol dan Portugis, mengonsumsi 12 butir anggur di tengah malam tahun baru, di setiap dentang lonceng bisa memberikan hal yang manis dan keberuntungan di sepanjang tahun. Jika dari 12 buah anggur ada yang terasa asam, misalnya anggur kelima, maka kemungkinan bulan kelima, yakni bulan Mei akan menjadi bulan yang cukup berat.

Delima

7 Makanan Tahun Baru Imlek Ini Akan Membawa Keberuntungan, Apa Saja?

Di Yunani, saat tahun berganti, buah delima akan dihancurkan di depan pintu. Alasannya adalah karena buah ini merupakan simbol keberuntungan bagi masyarakat di sana, Mereka percaya, semakin banyak biji yang berjatuhan, maka semakin banyak keberuntungan yang datang.

Ikan

Sisik ikan melambangkan warna silver. Di beberapa negara, orang-orang menyimpan sisik ikan di dompet mereka karena dipercaya dapat memberikan keberuntungan secara finansial. Keyakinan lain dari kepercayaan ini adalah karena ikan berenang ke depan yang menyimbolkan pertumbuhan.

Itulah mengapa banyak orang yang tidak mengonsumsi lobster atau kepiting di tahun baru, karena mereka berjalan ke samping dan ke belakang.

Sayuran hijau

Sayuran hijau dipercaya sebagai simbol uang. Semakin banyak sayuran hijau yang dikonsumsi, semakin banyak keberuntungan yang akan didapat. Bayam, kubis, dan kale merupakan sayuran yang dipercaya sebagai simbol uang kertas.

Makanan berbentuk bulat

Makanan seperti bagel, biskuit, donat, kue dan panekuk yang memiliki bentuk melingkar dikatakan sebagai simbol tahun dalam lingkaran penuh. Mengonsumsi makanan berbentuk lingkaran saat malam tahun baru atau pada sarapan pertama di tahun baru dianggap sebagai keberuntungan.

Banyak pula makanan yang lebih sehat yang bisa dikonsumsi, seperti potongan tomat, jamur, kentang, dan sayuran lain yang berbentuk lingkaran.

Bolu jagung

Warna dari bolu jagung menyerupai emas dianggap sebagai jimat keberuntungan bagi penduduk di selatan Amerika Serikat. Untuk menambah keberuntungan, beberapa orang sering menambahkan potongan jagung.

Koin di dalam kue

Di Yunani, sebuah koin akan dimasukkan ke dalam kue cokelat. Jadi, ketika kue disajikan di malam tahun baru, siapapun yang mendapatkan koinnya akan diberikan keberuntungan lebih.

Soba

Soba adalah salah satu jenis mi asal Jepang. Bagi orang Jepang, mi yang panjang dikaitkan dengan umur panjang. Mi dipercaya merupakan simbol umur panjang di berbagai negara Asia. Karenanya, mi sering dikonsumsi saat tahun baru.

Mi Soba Jepang

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya