Super Nova, Varietas Buah Citrus Baru Tanpa Biji

Ilustrasi buah jeruk.
Sumber :
  • Pixabay/MichaelGaida

VIVA.co.id – Clementine, mandarin, jeruk dan satsuma adalah beberapa jenis buah-buahan citrus yang selama ini ada di pasaran. Melihat dari bentuknya pun masih banyak orang yang sulit untuk membedakannya.

5 Buah Manis yang Berbahaya Bagi Penderita Diabetes, Apa Saja?

Tapi kini, muncul lagi varian buah citrus baru yang dinamakan Super Nova. Buah ini cukup menarik karena tidak berbiji, manis dan asam, beraroma, dan berwarna oranye gelap.

Sebenarnya, Super Nova adalah salah satu jenis jeruk mandarin, tapi butuh waktu hingga 50 tahun untuk bisa mendapatkan buah ini.

Tertulis di Alquran, 6 Buah Ini Punya Khasiat Luar Biasa untuk Singkirkan Penyakit

Pada tahun 1966, seperti dilansir The Independent, petani citrus dari Orlando, Amerika Serikat, bernama Jack Hearn menciptakan buah dari persilangan dua varietas mandarin, Lee dan Nova.

Dia ingin mempelajari lebih dalam bagaimana mereka menebarkan serbuk sari, dan salah satu hibrida yang dia ciptakan ternyata cukup berharga karena tidak memiliki biji.

Siapkan Menu Sehat untuk Sahur dan Buka, Begini Cara Simpan Sayuran Agar Awet Segar

Sayangnya, karena beberapa alasan pohon itu tidak berbuah.

"Dalam 34 tahun, saya melihatnya menghasilkan panen hanya sekali," kata Randall Diggers, seorang peneliti dari Departemen Pertanian Amerika Serikat.

Ilustrasi buah jeruk

Lalu, 22 tahun kemudian, yakni di tahun 1988, mandarin yang diproduksi di California berkembang dan banyak petani yang menanam buah hibrida ini.

Nah baru sekarang ini pohon-pohon tersebut menghasilkan panen pertama mereka yang layak.

Setelah disetujui bahwa buah ini harus diberi nama formal, Robert LoBue, manajer umum Lobue Citrus, kemudian memberikan nama Super Nova. Nama itu, dikatakannya, terinspirasi dari warna oranye terangnya dan rasanya yang menyegarkan.

Bagi Anda yang penasaran mencoba, tampaknya harus bersabar karena hingga saat ini, buah jenis baru tersebut hanya beredar di pasar Amerika Serikat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya