Perusahaan Bersikeras, Nutella Tidak Sebabkan Kanker

Ilustrasi Nutella.
Sumber :
  • Pixabay/sipa

VIVA.co.id – Perusahaan Italia, pembuat Nutella, kini sedang berusaha melawan opini publik. Mereka bersikeras menolak hasil studi dari UK, bahwa minyak kelapa sawit memicu kanker.

6 Tempat Berbahaya yang Bisa Picu Kanker, Ada di Rumah

Di bulan Mei, European Food Safety Authority (EFSA) menuturkan, minyak kelapa sawit berpotensi tinggi mengandung bahan karsinogen dibanding minyak sayur lainnya, saat dipanaskan mencapai suhu lebih dari 200 derajat celsius. Meski demikian, tidak ada larangan untuk mengonsumsinya, sebab para peneliti masih mengobservasi lebih lanjut terkait risikonya.

Kini, pembuat selai cokelat kacang yang populer itu, mengklaim bahan-bahan pembuat Nutella sudah terjamin integritasnya.

Minum Teh Ini Sama Bahayanya dengan Hisap 100 Rokok

"Membuat Nutella tanpa minyak kelapa sawit akan sulit terbentuk. Minyak kelapa sawit membantu menstabilkan tekstur serta kualitasnya," ujar Ferrero Purchasing Manager, Vincenzo Tapella, dikutip dari Fox News.

Perusahaan tersebut juga telah merilis kampanye iklan di televisi hingga surat kabar, yang meyakinkan konsumen aman untuk tetap konsumsi nutella. Namun, produser makanan lainnya di Eropa, telah mengambil langkah untuk mulai mengganti bahan minyak kelapa sawit.

RESEP: Kue Nutella Pakai Dua Bahan Saja dari Chef Hits, Simpel Banget!
Ayam bakar sambal koja

Sering Konsumsi Makanan Gosong Dapat Sebabkan Kanker? Ini Penjelasannya

Makanan yang terlalu lama dipanggang atau digoreng pada suhu yang tinggi nantinya bisa hasilkan senyawa-senyawa karsinogenik, yaitu senyawa yang dapat menyebabkan kanker.

img_title
VIVA.co.id
5 September 2023