Tips Mengkreasikan Topping Cupcake

Cupcake.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Bimo Aria Fundrika

VIVA.co.id – Siapa yang tak kenal dengan cupcake, hidangan penutup mungil berbentuk cup dengan beragam topping di atasnya. Umumnya, topping yang seringkali digunakan untuk menghias cupcake, antara lain krim kcock, taburan cokelat, atau permen.

Bisa Asah Kreativitas dan Skill, Cara Ini Dipilih untuk Rayakan Hari Anak Nasional

Meski dalam menghias dan mempercantik cupcake bergantung pada selera, namun ada sedikit tips untuk padu padan topping cupcake agar tak hanya cantik dilihat, namun juga lezat disantap.

Ditemui di Gran Melia, Kuningan, Jakarta Selatan, Pastry Chef, Aah Koswara membagikan sejumlah tips kepada VIVA.co.id.

Waduh, Ternyata Cara Kita Makan Cupcake Selama Ini Salah!

"Topping-nya frosting. Biasa kita mem-froasting dari cheese, dan cream, dan sekarang topping-nya mulai sedikit bergeser," ujar Aah saat ditemui di Gran Cafe, Gran Melia, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu, 1 Februari 2017.

Dia menjelaskan, bahwa untuk padu padan topping cupcake, ia memang sengaja menggabungkan sejumlah bahan yang memiliki tekstur dan juga cita rasa yang berbeda nuansa.

RESEP: Cupcake Cendol, Camilan Enak untuk Akhir Pekan

"Sekarang dalamnya ada orange cream, ada chocolate meringue, jadi di sana kita akan membuat komposisi yang pas," ucapnya..

Ia juga mengatakan bahwa Anda bisa menambah tekstur lain agar ada kombinasi tekstur yang sempurna di lidah saat menyantap cupcake, misalnya dengan menambah remah-remah biskuit atau sesuatu yang renyah, yang akan menyeimbangkan tekstur cupcake dan krim yang lembut.

Untuk krim jeruk yang lebih mirip jeli ini, Aah mengungkapkan bahan ini bisa dibuat dari tepung maizena, dan untuk membuat tekstur kenyal juga ditambahkan dengan gelatin.

Sementara untuk meringue cokelat sendiri harus dibuat dengan proses khusus agar hasil dan tekstur yang dihasilkan lebih renyah.

"Chocolate meringue itu egg white, terus sugar, cocoa powder, dan yang paling utama sugar di-boil (direbus) supaya putih telurnya matang dan komposisinya tidak soft, dan kita simpan di hot cabinet, dengan suhu 60 sampai 70 (derajat Celcius," kata dia.

Cupcakes

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya