Siap-siap Menikmati Kuliner Lezat Nusantara di Bulan Mei

Sate klatak.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Putri Firdaus

VIVA.co.id – Sebanyak 10 pengusaha kuliner muda untuk pertama kalinya dihadirkan di salah satu festival kuliner terbesar Tanah Air, Festival Jajanan Bango (FJB) 2017 pada 6-7 Mei 2017 di ICE BSD, Tangerang.

Dijamin Enak, Gurih dan Empuk, Ini 5 Resep Bumbu Sate Kambing

Untuk diketahui, perhelatan FJB sebelumnya hanya menghadirkan para legenda kuliner yang sudah berkiprah belasan hingga puluhan tahun di bidangnya. Keikutsertaan wajah-wajah baru di festival ini adalah dalam rangka regenerasi untuk menjaga eksistensi masakan Nusantara di kalangan muda di tengah pengaruh arus global.

"Regenerasi diperlukan apalagi di era globalisasi seperti ini. Kita punya banyak pengaruh dari luar yang bikin kita harus tetap berkompetisi untuk tetap menjadi primadona," ujar Kaninia Radiatni, Senior Brand Manager Kecap Bango saat jumpa pers di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Selasa, 7 Maret 2017.

Festival Kuliner Virtual Terbesar Dibuka, Bisa Dinner Bareng Idola

Wajah-wajah baru di FJB tersebut berasal dari beberapa daerah di Tanah Air, seperti Bandung, Yogyakarta, Solo, Klaten, Surabaya, Malang, Payakumbuh, Palembang hingga Ambon. Mereka akan hadir mewakili lima kategori makanan yang dianggap mewakili kuliner Indonesia, seperti sate, nasi, kuah, aneka bakaran dan camilan.

Menurut Arie Parikesit, pengamat dan penggiat komunitas pelestarian kuliner Nusantara, meskipun beragam jenis makanan berdatangan dari luar Indonesia, anak muda Tanah Air justru masih lebih menyukai makanan lokal.

Festival Nasi Online, Pasar Kuliner Lokal yang Bikin Kenyang

"Sekarang ternyata anak muda lagi suka masakan asli Nusantara meski banyak godaan makanan lain. Waktu kelana rasa, banyak anak muda yang menjadikan masakan Nusantara sebagai inspirasi kuliner mereka," kata Arie.

Namun, untuk saat ini, 10 wajah baru terpilih tersebut harus melewati serangkaian penilaian dan bersaing dengan puluhan pengusaha kuliner lain. Beberapa kriteria penilaian agar dapat bergabung di FJB antara lain cita rasa otentik, tampilan, operasional dapur hingga perencanaan bisnis yang matang.

Sedikit bocoran, beberapa jajanan yang siap berkompetisi untuk hadir menggoyang lidah Anda di FJB 2017 antara lain Sate Maranggi Tukang Masak, Sate Klatak Mas Tanto, Bakso Boedjangan, Tapong Minis, Sate Klopo Mbak Nayla, Rumah Makan Legoh, Nasi Kebuli Mbah Soleh, Pindang Agan Rumah Makan Beta Ruma, Klapertaart Online dan masih banyak lagi.

Salah satu hidangan yang akan hadir di Festival Kuliner Bango 2017

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya