Berapa Lama Bakso Instan Bisa Disimpan di Lemari Es?

Bakso.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Bobby Andalan

VIVA.co.id – Dapat dikatakan hampir semua orang menyukai bakso. Olahan daging ini dapat disulap menjadi aneka hidangan atau menjadi pelengkap saat bersantap.

Bahaya Dibalik Nikmatnya Konsumsi Nugget, Sosis hingga Kornet Saat Sahur

Bakso tidak sulit ditemukan. Banyak supermarket atau pasar tradisional yang menyediakan bakso instan yang bisa langsung diolah. Namun, perlu diingat bahwa bakso instan tidak dapat disimpan lama.

Lantas, berapa lama waktu ideal menyimpan bakso instan?

5 Manusia Silver asal Sidoharjo Diamankan di Bali

Stefanus Eko, Asisten Marketing Manager PT. Sumber Prima Anugrah Abadi, produsen Bakso Sumber Selera mengatakan, bahwa bakso dapat bertahan paling lama hingga tiga bulan saja. Penyimpanannya pun tidak sembarangan.

Ia menjelaskan, pada suhu ruangan, bakso instan terutama yang tanpa pengawet hanya mampu bertahan hingga empat hari. Sedangkan di lemari pendingin (chiller), bakso akan bertahan hingga satu minggu. Jika dimasukkan ke dalam freezer, bakso instan akan bertahan hingga enam bulan.

Viral Emak-emak Pakai Logat Madura Jualan Bakso Kaki Lima di Mekkah

"Kita harus tahu bahwa bakso adalah olahan daging segar. Dari mulai daging hingga menjadi bakso harus dijaga kebersihannya, dalam arti suhu dan treatment harus higienis. Pendingin itu berguna untuk mencegah tumbuhnya bakteri," kata Stefanus saat ditemui di kawasan Cibubur, Jakarta Timur, Kamis, 6 April 2017.

Lalu, bagaimana jika bakso sudah melebihi batas penyimpanan tersebut? Stefanus menjelaskan bahwa bakso masih dapat dikonsumsi, hanya saja kualitasnya menjadi berkurang.

"Kalau disimpan lebih lama, rasanya pasti akan berubah dan tetap bisa dikonsumsi selagi belum memasuki masa expired (kedaluarsa).” (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya