Pedasnya Sambal Welut Bikin Nagih

Sambal Welut Pak Sabar
Sumber :

VIVA.co.id – Belut yang kaya protein merupakan santapan nikmat yang bisa diolah menjadi aneka jenis masakan. Mulai dari digoreng, ditumis, hingga dijadikan sambal.

Rekomendasi Wisata Kuliner di Sentul ala Pedesaan

Salah satunya adalah olah Sambal Welut Pak Sabar dari Bantul, Yogyakarta. Usaha kuliner yang berada di Jl. Imogiri Barat, Bantul, ini memang mengkhususkan menu-menu dari belut dan satu yang menjadi andalan adalah sambal welut atau sambal belut.

Yang istimewa, sambal welut ini disajikan segar karena diolah langsung ketika dipesan. Hal ini karena bumbu yang digunakan tidak melalui proses memasak lagi.

Icip Ayam Bakar SeeJontor, Pedas Sambalnya Bikin Bibir Seksi

"Belut yang digoreng setengah matang dilepaskan dari durinya lalu langsung dicampur dengan bumbu yang terdiri dari bawang putih, kencur, daun jeruk, ditambah garam dan penyedap rasa yang ditumbuk halus," ujar Fitri, anak pemilik usaha Sambal Welut Pak Sabar, kepada VIVA.co.id di Festival Jajajan Bango, ICE BSD, Tangerang, Minggu 7 Mei 2017.

Setelah semua bumbu tercampur rata, sambal welut pun siap disantap. Rasa pedas dan sedikit asam dari daging belut akan bertambah nikmat jika disantap dengan nasi panas.

Icip-Icip Masakan Ikan Nila Asam Pedas Langganan Para Bupati di Kalbar

Uniknya, resep sambal welut ini didapat melalui eksperimen sahabat Sabar yang sering mendapat belut di daerahnya. Resep ini kemudian dikembangkan oleh Sabar dengan menjualnya lewat usaha nasi kucing.

Kini, nasi kucing sambal welut beralih ke aneka masakan belut seperti belut goreng, sambal welut, dan oseng belut. Satu ons sambal welut dibanderol dengan harga Rp13 ribu.

Pelepasan rombongan motor Festival Jajanan Bango 2022 Mandalika

Bikin Ngiler, Kuliner Legendaris Ini Hadir di Mandalika Lombok

FJB yang sudah digelar sejak 2005 lalu, akan menghadirkan puluhan penjaja kuliner legendaris dari berbagai wilayah nusantara.

img_title
VIVA.co.id
14 Maret 2022